Asus ROG Phone 3.
Asus ROG Phone 3.

Kenapa Refresh Rate Penting di HP Gaming?

Teknologi teknologi asus hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 15 Oktober 2020 09:20
Jakarta: Bukan cuma chipset serta kapasitas RAM yang memiliki peran penting bagi sebuah smartphone gaming agar bisa menjamin pengalaman bermain game mulus di kualitas grafis tinggi.
 
Satu hal yang kini semakin populer adalah menyoal kemampuan refresh rate layar. Spesifikasi satu ini baru populer setahun belakangan di produk smartphone tapi sudah dipuja cukup lama oleh gamer di laptop gaming dan PC.
 
Pertama kita harus mengetahui dulu secara sederhana dari teknologi refresh rate di layar. Refresh rate merupakan indikator pengukuran seberapa cepat dan sering konten di layar melakukan refresh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Refresh di sini artinya bukan cuma menyegarkan tapi menampilkan setiap pergerakan atau respons yang diterima layar. Efeknya animasi seperti gerakan karakter atau respon layar akan semakin halus di mata penggunanya tapi sangat tajam alias detil dan terasa merespons dengan cepat.
 
Kebanyakan layar smartphone saat ini memiliki refresh rate 60Hz. Kemudian ada yang 90Hz, 120, dan terakhir adalah 144Hz yang termasuk tertinggi di layar smartphone, misalnya di layar Asus ROG Phone 3.
 
Semakin tinggi refresh rate maka pergerakan animasi di dalam game atau respons sentuhan di layar dan disajikan di dalam game akan semakin halus, cepat, dan akurat. Cara mengetahuinya sangat mudah, berapa angka FPS (frame per second) yang dihasilkan saat game sedang dimainkan.
 
Refresh rate yang tinggi di layar akan bisa membantu tercapainya FPS tinggi. Saat ini game dengan FPS tinggi memang banyak dijumpai di laptop atau PC tapi kini semakin banyak game mobile dengan kualitas grafis sangat tinggi lewat dukungan FPS tinggi.
 
Makanya penting sekali bagi smartphone atau HP gaming untuk memiliki spesifikasi refresh rate layar tinggi. Jadi dibandingkan harus bermodalkan HP kentang mungkin membeli HP gaming bisa menjadi investasi bagi gamer sejati.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif