Peluncuran program IDCamp 2021. (Indosat Ooredoo)
Peluncuran program IDCamp 2021. (Indosat Ooredoo)

Indosat Gelar IDCamp 2021, Bagikan Beasiswa Belajar Coding Online

Teknologi teknologi Indosat Ooredoo telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 09 Mei 2021 15:27
Jakarta: Teknologi digital jadi salah satu disrupsi paling terasa saat kondisi pandemi Covid-19 terus berlangsung. Kondisi ini membentuk kebutuhan tenaga kerja di kompetensi bidang digital terutama yang mengantongi sertifikasi global menjadi meningkat.
 
Berkaca dari kondisi tersebut operator seluler Indosat Ooredoo berinisiatif meluncurkan program, Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) 2021 yang kembali membagikan puluhan ribu beasiswa belajar coding secara online untuk melahirkan talenta digital baru Indonesia yang siap kerja.
 
Indosat Ooredoo mengklaim kurikulum pelatihannya yang didesain sesuai kebutuhan industri global, IDCamp siap menyuplai kebutuhan talenta digital baru yang sangat dibutuhkan Indonesia saat ini, seperti developer mobile application, front-end, back-end, dan machine learning. Hal ini turut direspon positif oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Berbagai lowongan pekerjaan pada bidang programmer atau developer semakin mendominasi situs pencari kerja. Diperkirakan pada 2025 akan ada lebih dari 6 juta potensi lapangan pekerjaan dari industri digital,” ujarnya.
 
“Satu semangat dengan Kemenparekraf sebagai salah satu upaya untuk mencetak talenta digital pada bidang programming yang berdaya saing di tingkat global, Indosat Ooredoo sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia diharapkan dapat mengambil peran mencetak para talenta digital di Indonesia yang siap bersaing secara global,” jelas Sandiaga.
 
Menurut Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, program IDCamp 2021 merupakan bagian dari CSR perusahaan di pilar Pendidikan Digital. Dua tahun pertama penyelenggaraannya, IDCamp berhasil mendapatkan animo yang sangat luar biasa dari anak muda Indonesia.
 
“Kami percaya lulusan IDCamp akan menguasai hard skill coding berstandar global yang ditunjang dengan soft skill etos kerja yang sangat dibutuhkan dalam berkarir di industri digital saat ini,” ungkapnya.
 
Target awal sebanyak 10 ribu peserta per tahun, tercatat sudah ada 64.710 peserta yang mengikuti kelas pelatihan IDCamp secara daring pada tahun 2019 dan 2020, atau lebih dari 3 kali lipat dari yang ditargetkan. Sebanyak 1.318 diantaranya merupakan developer dengan disabilitas dan 22.9% diantaranya adalah developer perempuan.
 
Kini IDCamp kembali hadir dengan tambahan 2 alur belajar developer dan 1 kelas khusus Augmented Reality (AR) Creator. Peserta IDCamp 2021 bisa mendapatkan sertifikat global dengan 5 level keahlian mulai dari tingkat dasar, pemula, menengah, ahli, dan profesional di 7 bidang pemrograman, yaitu Android, Front-End Web, iOS, Machine Learning, Back-End, Multi Apps Platform, dan AR Creator. 
 
“Banyak dari lulusan IDCamp yang bisa langsung merasakan manfaat dari beasiswa ini. Salah satunya adalah lebih percaya diri dalam melamar pekerjaan dengan bermodalkan sertifikat keahlian yang mereka miliki,” ucap Ahmad.
 
Batas waktu pendaftaran beasiswa mulai dari 7 Mei hingga 21 Juli 2021. Mereka yang sukses terdaftar bisa langsung memulai pelatihan online hingga 28 Juli 2021 dengan beberapa tingkat yaitu, dasar, pemula, menengah, dan profesional.
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif