Melirik Smartphone Rp1 Juta, Bagus Huawei atau Xiaomi?

M Studio 05 November 2018 09:53 WIB
xiaomihuawei
Melirik Smartphone Rp1 Juta, Bagus Huawei atau Xiaomi?
Tampilan Huawei Y6.
Jakarta: Seluruh vendor smartphone di Indonesia wajib memiliki jajaran produk yang lengkap untuk semua rentang harga, mulai dari harga yang terjangkau, menengah, hingga tinggi alias mewah.

Namun, segmen pasar smartphone berharga terjangkau tetap menjadi yang paling populer. Alasannya harga yang sangat ramah kantong dengan fitur yang masih mumpuni dan terkini.

Ada beberapa merek di Indonesia yang memiliki jajaran produk di segmen smartphone berharga terjangkau sangat lengkap, salah satunya adalah Huawei. Vendor asal Tiongkok ini terkenal memiliki jajaran lengkap mulai dari smartphone terjangkau hingga premium.


Salah satu smartphone segmen paling terjangkau Huawei adalah Huawei Y6 (2018). Meskipun hadir di segmen tersebut, desain bagian belakang ponsel terlihat elegan dan menyerupai desain smartphone premium, padahal harganya dibanderol di rentang Rp1 juta.


Tampilan Huawei Y6 (2018). 

Xiaomi juga salah satu merek yang dikenal fokus bermain di segmen smartphone terjangkau dan beberapa waktu lalu mereka merilis Redmi 6A sebagai jagoan di segmen tersebut dengan harga yang tidak jauh berbeda. Apabila membandingkan keduanya, mana yang lebih baik?

Pada sisi layarnya, Huawei Y6 2018 hadir dengan ukuran layar 5,7 inci, lebih besar ketimbang Xiaomi Redmi 6A yang ukuran layarnya hanya 5,4 inci dengan sama-sama beraspek rasio 18:9. Ketebalan Huawei Y6 2018 hanya 7,8 mm, sementara Xiaomi Redmi 6A setebal 8,3m, akan sangat terasa perbedaannya di tangan.

Beralih ke dapur pacunya yang sangat penting untuk kebutuhan sehari-hari. Huawei mengerti bahwa pengguna di Indonesia sangat mengakui kehebatan prosesor Qualcomm Snapdragon, karena itu mereka menggunakan Snapdragon 425 untuk Huawei Y6 2018.

Berbeda dengan Xiaomi Redmi 6A yang memilih untuk menggunakan prosesor Helio A22 GHz buatan MediaTek. Prosesor Huawei Y6 2018 didukung GPU jenis Adreno 308, sementara Xiaomi Redmi 6A menggunakan PowerVR GE8300.


Tampilan Xiaomi Redmi 6A. 

Tentu saja perbedaan prosesor dan GPU akan membuat perbedaan performanya akan cukup terasa. Sementara untuk kapasitas RAM kedua smartphone ini sama-sama memiliki 2GB begitu juga kapasitas memori internalnya sebesar 16GB yang bisa ditambahkan MicroSD hingga 256GB.

Sebagai penopang performanya Huawei Y6 2018 dan Xiaomi Redmi 6A sama-sama dibekali kapasitas baterai sebesar 3.000 mAh. Kapasitas ini tergolong sangat besar untuk smartphone di harga Rp1 juta dibandingkan tahun lalu yang masih di kisaran 2.000 mAh.

Pada sisi kamera Huawei Y6 2018 memiliki resolusi kamera yang juga masih sama dengan Xiaomi Redmi 6A yakni kamera belakang 13MP dan kamera depan 5MP yang juga menyediakan fitur keamanan face unlock sebagai pengganti pemindai sidik jari.

Apabila melihat perbandingan spesifikasi keduanya sebetulnya Huawei Y6 2018 masih lebih unggul dibandingkan Xiaomi Redmi 6A dalam beberapa aspek penting seperti menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 425 dan pastinya memiliki ukuran layar yang lebih besar.

Mengingat sebentar lagi akan berlangsung Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 11.11 di bulan depan tepatnya tanggal 11 November, Huawei Y6 2018 terasa sangat pas bagi konsumen yang menginginkan smartphone mumpuni di harga Rp1 juta tapi memiliki ukuran layar yang lebar. Jika tertarik, Anda bisa melihat penawarannya di sini



(ELL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.