Pemeriksaan yang dilakukan Smartfren menyebut kondisi jaringan di 20 persen wilayah Jawa masih lemah.
Pemeriksaan yang dilakukan Smartfren menyebut kondisi jaringan di 20 persen wilayah Jawa masih lemah.

Kesiapan Jaringan 4G Smartfren untuk Ramadan dan Idul Fitri

Teknologi smartfren andromax
Lufthi Anggraeni • 25 April 2019 10:13
Bandung: Smartfren tengah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2019 ini. Karenanya, Smartfren melakukan sejumlah pemeriksaan, menghasilkan bahwa 80 persen wilayah sudah memiliki jaringan 4G yang memadai.
 
“Kami sudah cek rute di pulau Jawa, karena prediksi penggunaan di pulau Jawa akan menjadi yang terbesar. Jawa Tengah dan Jawa Timur kami prediksi akan menjadi lokasi permintaan terbesar, jadi kami akan kuatkan di daerah tersebut,” ujar VP Technology Relations and Special Project Smartfren Munir SP.
 
Sebesar 20 persen wilayah di pulau Jawa dengan kondisi jaringan lemah diakui Smartfren tengah dikuatkan. Smartfren berharap proses penguatan jaringan tersebut akan selesai pada akhir bulan April mendatang, sehingga tidak lagi menemukan kendala pada bulan Mei.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, kondisi geografis yang bergunung-gunung disebut Smartfren sebagai alasan penyebab utama kondisi jaringan yang melemah di sejumlah wilayah tersebut. Sebab, jelas Munir, kondisi pegunungan ini menyebabkan jalan yang tersedia untuk ditempuh pengguna menjadi berbelok-belok.
 
Selain itu, tanah pada pegunungan juga disebut Munir memiliki kemampuan untuk meredam sinyal jaringan yang dipancarkan oleh tiang pemancar atau BTS. Sejumlah lokasi yang saat ini masih dengan kondisi jaringan lemah termasuk Pemalang dan Purworejo di wilayah Jawa Tengah.
 
Penguatan jaringan tersebut akan dilakukan Smartfren melalui sebanyak 75 unit mobile BTS, berupa truk dengan muatan penguat jaringan yang akan diturunkan dan dipasangkan pada wilayah yang membutuhkan.
 
Smartfren juga mempersiapkan mobil BTS dengan peralatan receiver untuk menguatkan jaringan terintegrasi untuk wilayah dengan kepadatan konsumsi jaringan musiman. Smartfren mempersiapkan mobile-bts sebanyak tiga hingga empat unit untuk masing-masing regional.
 
Saat ini, Smartfren memiliki sebanyak tujuh regional, sedangkan unit penguat lain berupa truk akan ditempatkan secara permanen di wilayah yang telah dipastikan membutuhkan jaringan yang kuat sepanjang tahun.
 
Smartfren turut menyebut bahwa saat ini, jaringan 4G yang ditawarkannya kepada konsumen di Indonesia telah mencakup sebesar 71 persen wilayah Indonesia. Smartfren menargetkan untuk menghadirkan cakupan jaringan 4G ini di seluruh wilayah Indonesia pada akhir tahun 2019 mendatang.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif