Apple dilaporkan akan memulai produksi chipset A13, yang akan mendukung iPhone 2019.
Apple dilaporkan akan memulai produksi chipset A13, yang akan mendukung iPhone 2019.

Apple Mulai Produksi Prosesor Terbarunya

Teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 11 Mei 2019 13:36
Jakarta: Apple dilaporkan tengah mengembangkan tiga iPhone baru, ditujukan untuk menggantikan iPhone XS, XS Max dan XR. iPhone generasi baru ini disebut akan meluncur pada musim gugur mendatang.
 
Ketiga iPhone generasi baru dilaporkan semakin mendekati awal proses produksinya. Sebab Bloomberg menyebut menemukan nama iPhone XI, XI Max dan XR 2, nama yang dirumorkan akan diusung iPhone generasi baru ini pada laporan terkait proses desain chip A13.
 
Mengikuti jejak chipset Apple A12 yang digunakan pada lini iPhone 2018, chipset A13 diperkirakan juga akan diproduksi oleh TSMC dan diawasi secara langsung oleh Apple. Dukungan chipset ini dikabarkan akan menghadirkan peningkatan performa pada iPhone generasi baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, produksi ketiga perangkat ini dilaporkan tidak akan mulai dalam beberapa bulan mendatang, setelah langkah persiapan yang dilakukan oleh rantai pemasok komponen untuk perangkat tersebut.
 
Pada salah satu pengujian produksi awal A13 yang disebut dimulai pada bulan April lalu, produksi massal chipset ini dijadwalkan paling awal pada bulan Mei ini. Sementara itu dibandingkan A12, Apple A13 akan didukung teknologi baru bernama Extreme Ultraviolet lithography (EUV).
 
Teknologi ini ditujukan untuk peningkatan lebih besar dari biasanya di bidang performa dan efisiensi energi. Chipset generasi terbaru karya Qualcomm, Samsung dan Huawei juga akan mengadopsi proses EUV 7nm.
 
Namun chipset karya ketiga produsen ini diklaim tidak akan mampu menyaingi performa yang disuguhkan oleh Apple A13. Selain chipset A13, iPhone XS, XS Max dan sekuel XR ini disebut akan menawarkan pengguna kemampuan pengisian daya baru.
 
Kemampuan pengisian daya ini akan memungkinkan pengguna mengisi daya AirPods dan perangkat lainnya dengan meletakkannya di bagian belakang iPhone baru. Namun teknologi ini bukanlah hal baru di ranah smartphone.
 
Sebab, Huawei Mate 20 Pro telah meluncurkan fungsionalitas pengisian daya nirkabel terbalik pada musim gugur, diikuti integrasi Wireless PowerShare pada lini Samsung Galaxy S10.
 
Sebelumnya, iPhone 2019 juga disebut akan menggunakan unit antena LCP tunggal dan unit Modified Polyamide (MPI) untuk antena atas dan tiga unit MPI untuk antena bawah.
 
Alasan penggantian teknologi LCP menjadi MPI dilaporkan terkait dengan produksi unit tersebut. Pada iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR terdapat dua antena di bagian atas dan dua di bagian bawah, yang diproduksi dari Liquid Crystal Polymer (LCP).
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif