Instagram akan segera menguji fitur baru terkait perundungan, memanfaatkan kecerdasan buatan.
Instagram akan segera menguji fitur baru terkait perundungan, memanfaatkan kecerdasan buatan.

Instagram Uji Fitur Blokir Perundung

Teknologi instagram
Lufthi Anggraeni • 09 Juli 2019 09:03
Jakarta: Cara baru yang Instagram coba untuk mengatasi perundungan online adalah menandai komentar dengan kecerdasan buatan dan menawarkan kemampuan bagi pengguna membatasi akun yang memberi komentar secara publik pada unggahan mereka.
 
Instagram akan segera menguji fitur yang memberikan pengguna kemampuan untuk memblokir sementara pengguna lain. Ini berarti Anda dapat membatasi pengguna lain, sehingga komentar yang diberikan dia hanya dapat dilihat oleh pengguna tersebut.
 
Selain itu, The Verge juga melaporkan bahwa Instagram secara terpisah mengumumkan akan merilis fitur baru, memanfaatkan AI untuk menandai komentar yang berpotensi menyinggung dan bertanya pada pengomentar apakah mereka memang ingin mengunggah komentar yang mereka buat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengomentar akan diberikan kesempatan untuk menghapus komentar. Instagram menyebut selama periode pengujian, perusahaannya akan mendorong sejumlah pengguna untuk berpikir baik-baik dan menghapus hal yang mereka tulis.
 
Sayangnya, Instagram tidak menyebutkan angka dari sejumlah pengguna yang mereka dorong untuk menghapus komentarnya. Diperkirakan, orang yang menulis komentar yang menyinggung sepenuhnya sadar bahwa tindakan mereka salah. Dengan fitur baru dari Instagram, mereka memiliki waktu lebih lama untuk mempertimbangkan unggahan mereka.
 
Instagram telah menguji sejumlah fitur yang terfokus pada perundungan, termasuk filter untuk komentar menyinggung. Filter itu secara otomatis akan menandai komentar yang menyerang seseorang berdasarkan pada tampilan atau karakter seseorang. Filter itu juga akan menandai ancaman pada pengguna. Fitur serupa tersedia untuk foto dan video.
 
Fitur tersebut merupakan fitur yang banyak diminta oleh masyarakat, walau tidak banyak membantu mencegah remaja dalam melakukan perundungan terhadap satu sama lain. Dalam laporannya di The Atlantic, reporter Taylor Lorenz menyebut bahwa remaja kerap menciptakan akun khusus untuk melakukan perundungan pada seseorang.
 
Pengguna akan dapat melaporkan akun ini. Namun, Instagram membutuhkan waktu untuk dapat mengambil tindakan terhadap akun tersebut. Fitur baru ini diharapkan dapat menindak akun perundung secara lebih cepat dan lebih berguna.
 
Sebelumnya, Instagram memperkenalkan fitur baru bertajuk Stiker Chat, dapat diakses melalui Instagram Stories. Fitur ini diklaim akan mempermudah pengguna dalam memulai percakapan berskala besar atau grup secara langsung dari Instagram Stories.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif