Paten desain stik controler Sony PS5.
Paten desain stik controler Sony PS5.

Penampakan Paten Desain Controller PS5, Mirip PS4

Teknologi games sony playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 19 November 2019 15:23
Jakarta: Masih akan dirilis pada tahun 2020, bocoran mengenai PlayStation 5 (PS5) terus beredar di internet. Sebagian besar bocoran beredar dari paten desain yang telah didaftarkan Sony.
 
Terbaru, beredar bocoran paten desain dari controller PS5. Menariknya, desain bagian luar perangkat tersebut sama sekali tidak berbedar dari stik controller PS4. Hal ini diketahui dari paten desain yang didaftarkan Sony di Jepang.
 
Dikutip dari Forbes, paten desain tersebut memperlihatkan sama sekali tidak ada perubahaan siginifkan dari controller PS5 dibandingkan PS4. Hanya ada sedikit perubahan yang bisa ditemukan mulai dari USB port, trigger yang lebih besar dan ukuran stik lebih kecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun melihat ke bagian lightbar ternyata fitur ini tidak lagi ditemukan pada desain stik control PS5. Hilangnya lightbar sebetulnya tidak terlalu berpengaruh terhadap tampilan visual, justru ini bisa bisa menghemat konsumsi baterai.
 
Penampakan Paten Desain Controller PS5, Mirip PS4
 
Sony tampaknya masih memilih mempertahankan kehadiran area touchpad yang cukup memakan ruang di stik controller. Pada pengumuman rencana kehadiran PS5, Sony memang tidak menyebutkan perubahan desain controller sebagai hal baru.
 
Kabar ini disampaikan oleh Sony lewat blog resmi mereka. Pernyataan ini ditulis langsung oleh President & CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan. Tanggal rilis di musim liburan 2020 kemungkinan besar jatuh pada perayaan Natal di Desember 2020.
 
Ryan menyebut controller PS5 memilik teknologi haptic feedback yang baru dan diklaim memberikan pengalaman bermain game yang sangat berbeda dan lebih nyata.
 
"Pertama kami menambahkan teknologi haptic feedback untuk menggantikan teknologi rumble (getar). Teknologi haptic akan memberikan sebuah feedback yang sangat berbeda dan luas," tulis Ryan.
 
Penampakan Paten Desain Controller PS5, Mirip PS4
 
Dia mencontohkan pengalaman efek getar saat mobil di dalam game menabrak arena dan saat bermain game sepak bila akan berbeda. "Anda juga akan dapat merasakan beragam jenis teskturs misalnya saat berlari di padang rumput atau melalui tanah berlumpur," ujarnya.
 
"Inovasi kedua adalah sesuatu yang kita sebut sebagai adaptive trigger yang berkaitan dengan tombol L2/R2," ungkap Ryan. Dia menjelaskan bahwa developer nantinya bisa mengembangkan sensitivitas di bagian tombol tersebut.
 
Tujuannya untuk memberikan sensasi pengalaman bermain serta fungsi yang berbeda. Misalnya, saat tombol L2/R2 ditekan sedikit atau dalam, maka akan berpengaruh terhadap tarikan mobil di arena balapan dan lainnya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif