Tinder adalah salah satu aplikasi dating yang populer. (Huffington Post)
Tinder adalah salah satu aplikasi dating yang populer. (Huffington Post)

Di Inggris, Kejahatan dari Aplikasi Kencan Meningkat

Ellavie Ichlasa Amalia • 14 Januari 2016 17:22
medcom.id: Sebuah laporan menyebutkan, dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, kasus kejahatan terkait aplikasi dating seperti Tinder dan Grindr telah meningkat sebanyak 7 kali lipat di Inggris.
 
Berdasarkan laporan tersebut, di tahun 2013, terdapat 55 kasus kejahatan yang terkait Tinder atau Grindr di Inggris dan Wales. Angka ini meningkat menjadi 204 kasus di tahun 2014, dan menjadi 412 kasus per bulan Oktober tahun lalu. 
 
Kejahatan terkait aplikasi kencan yang dilaporkan biasanya adalah kejahatan seksual berupa pemerkosaan atau eksploitasi seksual terhadap anak. Fungsi utama dari aplikasi kencan adalah untuk membantu penggunanya menemukan pasangan yang sesuai. Terkadang, hubungan yang berawal dari aplikasi dating bahkan berujung dengan pernikahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pergi berkencan dengan orang yang tidak dikenal bukanlah sesuatu yang baru. Sebelum era internet, di koran, Anda juga sudah dapat menemukan adanya iklan tentang orang yang sedang mencari pasangan. Hanya saja, sekarang ini, seseorang dapat melakukan ini dengan lebih mudah melalui bantuan aplikasi dating.
 
Seperti yang disebutkan The Next Web, aplikasi dan situs dating memang didesain untuk memudahkan penggunanya untuk bertemu dengan orang-orang baru. Biasanya, dalam sebuah aplikasi kencan, pengguna akan dapat melihat profil calon teman kencan sebelum memutuskan apakah dia ingin berkencan dengannya atau tidak.
 
Hal ini bertujuan untuk membantu pengguna untuk mengetahui motif calon teman kencan mereka; apakah mereka memang serius sedang mencari teman atau bahkan pasangan, sedang berusaha menipu atau memiliki niat lainnya. Meskipun begitu, Anda tetap tidak dapat mengetahui secara pasti motif apa yang orang lain miliki saat dia mengajak Anda berkenalan melalui aplikasi kencan.
 
Selain itu, kemudahan untuk mengakses informasi pengguna lain pada berbagai aplikasi dating justru memudahkan para pelaku kriminal melakukan sebuah kejahatan.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif