Apple Perbarui Harga Penggantian Baterai iPhone
Ilustrasi.
Jakarta: Peluncuran tiga iPhone dan Apple Watch terbaru rupanya juga dibarengi dengan pembaruan kebijakan layanan Apple yang cukup penting yaitu patokan harga perbaikan atau penggantian baterai iPhone.

Dikutip dari The Verge, informasi yang berasal dari situs resmi Apple tersebut akan efektif berlaku pada bulan Januari nanti, berisi daftar harga perbaikan atau penggatian yang dilakukan di gerai Apple Store.

Apabila hingga akhir tahun 2018 penggantian baterai iPhone hanya USD29 (Rp429 ribu) lebih murah ketimbang tahun lalu yang dipatok USD79 (Rp1,1 juta) maka mulai 1 Januari 2019 nanti harganya akan naik.


Perlu dicatat bahwa harga penggantian baterai ini berlaku apabila garansi atau paket layanan AppleCare+ sudah tidak berlaku. Untuk ketiga iPhone terbaru yakni iPhone Xs, iPhone Xs Max, dan iPhone XR biaya penggantian baterainya sekitar USD69 (Rp1 juta).

Kemudian seri lain seperti iPhone SE, iPhone 6 (6/6s/6 Plus/6s Plus) , iPhone 7 (7/7 Plus), iPhone 8 (8/8 Plus), dan iPhone X akan berubah harga penggantian baterainya dari USD29 menjadi USD49 (Rp726 ribu).

Bagaimana dengan seri iPhone yang lebih lawas lagi? Tentu saja harga penggantian baterainya jauh lebih mahal yakni sebesar USD79 (Rp1,1 juta) selama masih tersedia dukungan komponennya.

Layanan penggantian baterai iPhone oleh Apple mulai digencarkan awal tahun atas terungkapnya kasus Apple yang sengaja memperlambat performa iPhone terdahulu agar baterainya tetap memiliki kualitas yang baik.

Apple menyebut akan menerima proses penggantian baterai iPhone yang diketahui usia kesehatannya sudah berada di bawah ambang 80 persen lewat aplikasi diagnosis yang tersedia di dalam iPhone.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.