Samsung mengumumkan chipset dan modem 5G untuk kendaraan.
Samsung mengumumkan chipset dan modem 5G untuk kendaraan.

Samsung Umumkan Modem 5G Pertama untuk Mobil

Teknologi gadget samsung
Lufthi Anggraeni • 02 Desember 2021 15:21
Jakarta: Mobil mulai mengejar ketertinggalannya dari smartphone dalam hal daya komputasi dan konektivitas. Berkat modem baru buatan Samsung, model mobil selanjutnya akan dapat terhubung ke jaringan 5G dan menikmati kecepatan unduh hingga 5,1 Gbps.
 
Mengutip GSM Arena, Exynos Auto T5123 merupakan modem dirancang khusus untuk penggunaan di kendaraan, dan telah diproduksi secara massal. Komponen mobil memiliki persyaratan ketat soal durabilitas dan usia penggunaan.
 
Karenanya, produsen kendaraan tidak dapat menggunakan sembarang chip, termasuk chip yang ditujukan untuk smartphone. Sementara itu, Exynos Auto T5123 dilaporkan lebih dari sekadar modem.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Modem ini dikombinasikan dengan core CPU Cortex-A55 dan dapat menyediakan data posisi satelit untuk navigasi. Dengan kemampuan menjalankan lebih dari satu tugas, chip ini mengurangi jumlah chip total yang digunakan oleh kendaraan, sehingga menyederhanakan desain.
 
Exynos Auto T5123 menangani konektivitas dan posisi, Exynos Auto V7 8nm bertindak sebagai otak dari setup infotainment untuk kendaraan kelas menengah. Chip ini dapat dikonfigurasikan dengan RAM LPDDR4X hingga 32GB (68.3 GB/dtk).
 
Angka ini dihasilkan oleh delapan CPU Cortex-A76 berkecepatan clock 1,5GHz, tanpa core kecil, dan GPU Mali-G76 dengan 11 core. GPU terbagi ke dalam dua kaster, delapan core render grafis untuk layar informasi pusat di dashboard, dan tiga core lainnya melayani layar di klaster instrument dan layar atas AR opsional.
 
Memisahkan core CPU ke dalam klaster memastikan seluruh tugas terjadi sekaligus tanpa mempengaruhi tugas lainnya, sehingga reliabilitas merupakan kunci. Chipset ini mendukung empat layar, sehingga juga dapat melayani penumpang di kursi belakang.
 
Tersedia juga tiga prosesor audio terintegrasi, sehingga chipset dapat menyuguhkan beberapa kelurahan audio. Selain itu, tersedia juga NPU untuk aplikasi kecerdasan buatan (AI), berkemampuan menangani pengenalan bicara, wajah dan gestur.
 
NPU ini dapat digunakan untuk berbagai berbagai hal dari perintah suara hingga membangun sistem pengawasan pengemudi. Selain itu, V7 juga berkemampuan menangani hingga 12 kamera untuk mendukung fitur seperti asisten parkir dan surround view.
 
Sistem pemrosesan gambar ini juga menawarkan koreksi piksel buruk, kompresi dynamic range dan koreksi distorsi geometrik. Exynos Auto V7 juga telah memasuki proses produksi massal dan akan mendukung sistem infotainment terintegrasi di kendaraan generasi selanjutnya.
 
Di antaranya yaitu In-Car Application Server (ICAS) terbaru Volkswagen versi 3.1, yang dirancang oleh LG Electronics divisi Vehicle Component Solutions. Chip ketiga dan terakhir yang telah diumumkan merupakan IC manajemen daya yang dirancang secara khusus untuk Exynos Auto V7 dan V9.
 
IC manajemen daya ini telah menerima sertifikat ASII-B pada awal tahun 2021 lalu, dan chip ini didukung oleh perlindungan terintegrasi untuk melindungi dari berbagai kondisi berbahaya, seperti voltase kekurangan dan kelebihan, arus pendek, arus berlebih dan penutupan thermal.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif