Hal menarik di IDCamp tahun ini adalah mereka menggandeng perusahaan pembuat media sosial Snapchat yaitu Snap Inc untuk menyediakan developer challenge kedua yang bakal berfokus ke Augmented Reality (AR) Creator.
IDCamp yang rangkaian programnya sudah berlangsung sejak Februari kini ingin memberdayakan para Creator Indonesia untuk mengeksplorasi dan memaksimalkan kekuatan AR sambil membuka jalan bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses ekonomi digital yang terus berkembang.
Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus, tantangan kedua mengundang para creator untuk merancang Lens yang merayakan Hari Kemerdekaan negara ke-76. Sesuai dengan tema nasional “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk mengungkapkan harapan dan visi mereka untuk Indonesia tangguh di tengah pandemi.
“Dengan lebih dari 500 peserta pada challenge pertama, kami tahu bahwa developer dan programmer muda Indonesia semakin bersemangat untuk mengeksplorasi kekuatan teknologi AR,” ungkap Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo, Ritesh Kumar Singh.
“Perpaduan antara fisik dan digital, menawarkan para penggemar teknologi dan seniman sebuah lapangan bermain baru untuk menunjukkan kreativitas mereka. AR juga menawarkan cara yang lebih mendalam bagi orang untuk berinteraksi dan terlibat dengan orang lain di dunia yang semakin digital ini,” jelasnya.
Pihak Snap Inc mengaku sangat tertarik dengan kelanjutan program IDCamp di tantangan kedua setelah melihat respon positif di tantangan pertama di bulan April yang berkaitan dengan momen Ramadan. Saat itu diklaim ada lebih dari 2.000 Lens atau efek AR yang diciptakan.
“Kami menciptakan Lens Studio karena kami ingin memberdayakan komunitas kami untuk membawa imajinasi mereka menjadi nyata dan menyenangkan sekali memiliki Indosat Ooredoo sebagai mitra yang berbagi visi ini,” ujar Director of Market Development SEA Snap Inc, Anubhav Nayyar.
Kompetisi membuat Lens, atau Lensathon di bulan April mengundang individu untuk membuat Lens yang menarik menggunakan aplikasi desktop Snap's Lens Studio untuk merayakan bulan suci Ramadan.
Lebih dari 2.000 Lens dikirimkan dan 100 pemenang mendapatkan 2.500 poin. Dengan poin tersebut, pemenang dapat mengakses materi pelajaran tambahan atau menukarnya dengan hadiah. Lens akan dievaluasi berdasarkan kriteria, termasuk kompleksitas, kreativitas, fungsionalitas, dan keterlibatan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News