Ilustrasi. (SmartPrix).
Ilustrasi. (SmartPrix).

Smartphone Gaming Terjangkau Bakal Punya Layar Refresh Rate 144Hz

Cahyandaru Kuncorojati • 14 September 2021 09:10
Jakarta: Di tren game mobile yang semakin populer serta ekosistem esports yang matang maka pemahaman konsumen mengenai perbedaan spesifikasi serta performa untuk gaming semakin tinggi. 
 
Hal ini mendorong munculnya peluang bagi produsen menyediakan smartphone gaming di harga terjangkau, bukan cuma seri high-end. Qualcomm termasuk yang tidak melewatkan peluang tersebut dengan merilis sejumlah chipset dengan embel “G” Series.
 
Dikutip dari WCCF Tech kini Qualcomm sedang menyiapkan chipset gaming terbaru untuk smartphone kelas budget atau harga terjangkau. Hal yang menarik adalah chipset tersebut bisa menyediakan performa refresh rate layar hingga 144Hz.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Refresh rate adalah teknologi kecepatan layar dalam menyajikan setiap frame gambar atau animasi sehingga pergerakan yang tampil makin mulus dan detail. Namun refresh rate tinggi ini biasanya hanya hadir di smartphone gaming high-end.
 
BACA: Apa Bedanya Layar Smartphone dengan Refresh Rate 60Hz dan 120Hz?
 
Qualcomm dirumorkan sedang menyiapkan chipset dengan kemampuan tersebut dengan nama Snapdragon SM6375 dan SM6225. Nama yang digunakan memang masih sekadar code name dan belum diketahui keduanya akan masuk ke seri Snapdragon 7 atau Snapdragon 6.
 
Informasi yang didapatkan saat ini adalah Snapdragon SM6225 diklaim WCCF Tech bakal masuk ke seri Snapdragon 6. Chipset ini kabarnya sedang diuji coba pada perangkat dengan layar refresh rate 90Hz FHD Plus, RAm 6GB, dan storage 128GB berbasis UFS 2.2. Spesifikasi tersebut jelas menunjukan smartphone di kelas terjangkau atau mid-low.
 
Belum ada informasi resmi dari Qualcomm kemungkinan kehadiran keduanya disiapkan sekaligus untuk pengumuman chipset seri Snapdragon 8 terbaru yang selalu diperkenalkan pada event tahunan di bulan Desember mendatang.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif