Ilustrasi: Truecaller
Ilustrasi: Truecaller

Capai 500 Pengguna, Truecaller for Business Pasang Fitur Baru

Teknologi aplikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 20 September 2021 09:47
Jakarta: Perusahaan caller ID asal Swedia, Truecaller, menyebut layanan khusus Truecaller for Business telah mencapai 500 pelanggan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 
 
Pelaku bisnis yang menggunakan layanan ini diklaim berasal dari 25 negara, termasuk Indonesia. Penawaran Truecaller for Business memungkinkan pelaku bisnis memverifikasi identitas perusahaannya dengan fitur yang ada pada Truecaller yang dapat meningkatkan keamanan konsumen dalam mencegah skema penipuan telepon.
 
Pelanggan Truecaller for Business berasal dari berbagai sektor, seperti perusahaan publik, perusahaan digital native, startups, e-commerce, lembaga pendidikan, layanan kesehatan, perbankan serta layanan keuangan, dan lain sebagainya.
 
Berdasarkan data Kepolisian Republik Indonesia, ancaman penipuan online meningkat tajam selama lima tahun terakhir, seiring dengan peningkatan transaksi dan belanja online. Pada September 2020, tercatat 28,7 persen kejahatan siber yang dilaporkan berasal dari penipuan online, yang juga melibatkan penipuan melalui panggilan telepon dan SMS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Data Truecaller Report 2020 juga mengonfirmasi fakta bahwa Indonesia merupakan negara dengan ancaman skema penipuan panggilan telepon terbesar. Indonesia menduduki peringkat ke-6 dengan rata-rata 18,3 panggilan spam perbulan tahun lalu.
 
Maraknya peningkatan skema penipuan menggunakan identitas palsu pada ponsel di Indonesia, mendesak perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan dalam komunikasi dengan pelanggannya. 
 
"Berbagai brand dan perusahaan ternama dari usaha tradisional sampai perusahaan digital mulai memanfaakan layanan Truecaller dalam meningkatkan reputasi brand serta meningkatkan efisiensi dalam komunikasi bisnis dengan pelanggan," kata Priyam Bose, Global Head, GTM Truecaller for Business.
 
Truecaller juga meluncurkan fitur baru untuk melengkapi solusi verifikasi identitas panggilan bisnis pada layanan Truecaller for Business, yaitu: Truecaller Call Reason. Call Reason memungkinkan pelaku usaha untuk bisa memberi tahu kepada para pelanggan alasan mereka menelpon.
 
Fitur ini juga membantu memberikan konteks dan meningkatkan kepercayaan pelanggan ketika menerima panggilan telepon dari perusahaan, bahkan tanpa perlu menjawab telepon tersebut.
 
Misalnya, ketika datang layanan pesan antar, pelaku usaha dapat menggunakan nomor telpon yang sudah diverifikasi sehingga pelanggan mengetahui pesanannya sudah datang, tanpa perlu mengangkat teleponnya. Hal ini berpotensi menekan biaya komunikasi perusahaan.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif