Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kominfo Evaluasi Persiapan ASO Menuju Siaran Televisi Digital

Teknologi Kominfo teknologi telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 25 Juli 2021 12:05
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali memberikan update terkait rencana untuk analog switch off (ASO) sebagai langkah dari migrasi ke siaran televisi digital terestrial. Mereka mengaku semua masih sesuai rencana yaitu tahap awal ASO akan dilakukan 17 Agustus 2021 di sejumlah wilayah.
 
ASO tahap awal akan berlangsung serentak di Kota Banda Aceh, Kota Batam, Kota Serang, Kota Samarinda, Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan serta beberapa daerah yang di sekitar kota dan kabupaten tersebut. Total ada lima tahap dengan keseluruhan waktu pelaksanaan tidak melewati tanggal 2 November 2022.
 
Di situs resmi Kominfo, mereka juga menyatakan sudah melakukan evaluasi pada sejumlah lembaga penyiaran swasta (LPS) yang akan ditunjuk sebagai penyelenggara multiplexing siaran televisi digital terestrial di 12 provinsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di proses evaluasi tersebut ada tujuh grup lembaga penyiaran swasta yang ikut serta yaitu Surya Citra Media, Media Group, Rajawali Televisi, Trans Media, Media Nusantara Citra, Berita Satu, dan Viva Media Asia.
 
Pada proses evaluasi dipertimbangkan sejumlah poin yang menjadi panduan tercantum dalam pasal 78 Ayat 11 Postelsiar yang diantaranya adalah melindungi kepentingan nasional dan pemerataan penyebaran informasi, kesiapan infrastruktur dan ekosistem penyiaran hingga investasi dan perlindungannya.
 
Di sini lembaga penyiaran swasta yang mengajukan sebagai penyelenggara multiplexing juga harus berkontribusi menyediakan bantuan set top box bagi rumah tangga tidak mampu sehingga siaran televisi dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.
 
Di tahap ini tiga grup LPS sudah dinilai memenuhi kriteria evaluasi, di antaranya adalah Grup Surya Citra Media yang terdiri dari SCTV dan Indosiar di 12 provinsi, Media Group yaitu Metro TV di 11 provinsi, dan Grup Rajawali yaitu RTV di satu provinsi. Empat grup LPS saat ini proses evaluasinya masih berlangsung.
 
Saat ini Kementerian Kominfo tengah mempersiapkan pelaksanaan penyaluran set top box untuk rumah tangga miskin. Penyediaan set top box berasal dari kontribusi penyelenggara multipleksing secara proporsional dan Pemerintah melalui LPP TVRI.
 
Kementerian Komunikasi dan Informatika menghimbau kepada masyarakat yang berdomisili di daerah-daerah ASO tahap 1 untuk segera beralih ke siaran digital, karena hampir seluruh siaran analog sudah tersedia secara digital dengan kualitas yang jauh lebih baik.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif