Essential Phone.
Essential Phone.

Essential Phone, Ponsel Karya Kreator Android Berikutnya

Teknologi android smartphone
Ellavie Ichlasa Amalia • 31 Mei 2017 14:46
medcom.id:Kreator Android, Andy Rubin akhirnya meluncurkan smartphone pertama dari perusahaan barunya, Essential. Seperti yang sudah diduga sebelumnya, ponsel yang dinamai PH-1 ini merupakan smartphone kelas premium yang menawarkan desain menawan dan spesifikasi tinggi.
 
PH-1, yang juga dikenal dengan nama Essential Phone, memiliki desain layar edge-to-edge hingga ke bagian atas. Bagian layar hanya dihilangkan untuk kamera depan yang ada di tengah. Engadget melaporkan, smartphone ini dibuat dari bahan titanium dan keramik, yang Essential klaim membuatnya jadi lebih kuat dari ponsel yang terbuat dari aluminium. Tampilan smartphone ini sangat rapi, tanpa adanya logo di bodinya.
 
Dari segi spesifikasi, PH-1 memiliki spesifikasi layaknya smartphone premium lainnya, seperti Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4GB, baterai 3.040 mAh dan memori internal 128GB. Satu hal yang menarik dari ponsel ini adalah dua lubang di bagian belakang yang bisa digunakan untuk menempelkan aksesori buatan Essential.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Essential Phone, Ponsel Karya Kreator Android Berikutnya
 
Salah satu aksesori yang paling menarik adalah kamera 360 mungil yang bisa mengambil gambar UHD (3840 x 1920) dengan framerate 30 fps. Selain itu, Essential juga menyediakan charging dock. Konsep yang digunakan dari ponsel ini sama seperti Moto Mods milik Motorola untuk ponsel modularnya, Moto Z.
 
Secara teori, kamera dari Essential Phone sudah dapat menghasilkan gambar yang baik. Perusahaan milik Rubin ini memilih untuk menanamkan dua kamera layaknya Huawei P9 dan P10. Salah satu sensor kameranya akan dikhususkan untuk mengambil gambar hitam putih, walau sensor tersebut juga bisa digabungkan dengan sensor warna untuk meningkatkan ketajaman gambar, terutama saat di tempat gelap. Untuk kamera depan, PH-1 menggunakan kamera 8MP yang sudah dapat merekam gambar 4K.
 
Essential tidak banyak berbicara tentang software yang digunakan dalam ponsel ini. Mereka hanya menyebutkan, PH-1 akan menggunakan Nougat 7.1.1. Seperti yang disebutkan oleh The Verge, PH-1 tidak dilengkapi dengan port audio. Sama seperti Apple Essential memutuskan untuk menggantungkan diri pada port USB Type-C dan Bluetooth.
 
Untungnya, smartphone ini sudah dilengkapi dengan dongle. Ponsel ini tersedia dalam 4 warna yaitu Black Moon, Stellar Grey, Pure White dan Ocean Depths. Ia dihargai USD699 (Rp9,3 juta) sementara paket dengan kamera 360 dihargai USD749 (Rp10 juta).
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif