Xiaomi mendaftarkan paten baru untuk smartphone berdesain lipat dengan bagian kamera putar.
Xiaomi mendaftarkan paten baru untuk smartphone berdesain lipat dengan bagian kamera putar.

Paten Baru Xiaomi Tampilkan Ponsel Lipat dengan Kamera Berputar

Teknologi teknologi xiaomi
Lufthi Anggraeni • 27 Mei 2020 11:18
Jakarta: Dalam dokumen paten baru yang didaftarkan oleh Xiaomi, tersedia sketsa form factor smartphone baru menarik. Dengan kemunculan kembali smartphone berlayar lipat mulai tahun lalu, Xiaomi diperkirakan juga akan menghadirkan hardware dengan bentuk unik.
 
Salah satu perangkat berbentuk unik yang dihadirkan Xiaomi adalah smartphone lipat serupa Moto Razr atau Samsung Galaxy Z Flip, namun sedikit perbedaan. Ponsel berdesain lipat ini berbekal baris di bagian paruh atas, dan dapat diputar secara horisontal.
 
Kemampuan tersebut memungkinkan kamera belakang secara fisik menjadi kamera depan. Gambar paten smartphone unik Xiaomi ini juga muncul di Let’s Go Digital dan dibuat berdasarkan gambar yang dirilis pada dokumen paten di CNIPA.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Paruh atas perangkat akan menjadi lokasi penyematan tombol daya dan volume di sisi kanan, serta grill speaker di bagian bawah bagian yang dapat berputar tersebut. Hal ini tidak berarti bahwa Xiaomi akan memproduksi dan menjual produk tersebut.
 
Produsen smartphone kerap mendaftarkan paten yang tidak pernah terwujud ke dalam produk komersial. Meskipun demikian, jika perangkat ini dinilai akan ideal untuk pasar, Xiaomi diperkirakan akan mengejar ide ini untuk diproduksi dan memasarkan perangkat tersebut.
 
Xiaomi juga telah mendaftarkan paten smartphone termasuk ponsel berdesain lipat lain serupa Samsung Galaxy Z Flip, ponsel dengan mekanisme pop-up terdiri dari tujuh kamera, smartphone sisi ganda dengan layar yang dapat membungkus bodi, serta ponsel dengan lubang di layar sebagai lokasi penyematan kamera depan.
 
Sebelumnya, Xiaomi mengumumkan pertumbuhan di seluruh segmen bisnis pada kuartal pertama 2020. Selama periode tersebut, pendapatan Xiaomi mencapai CNY49,7 miliar atau sekitar Rp102,9 triliun, dengan persentase 13,6 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
 
Sementara itu, laba bersih Xiaomi dilaporkan mencapai CNY2,3 miliar atau sekitar Rp4,7 triliun, mengalami peningkatan sebesar 10,6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019 lalu.
 
Sementara itu, Xiaomi secara resmi merilis versi global dari MIUI 12, update untuk sistem operasi berbasis Android karyanya, untuk ratusan juta smartphone,sebab raksasa elektronik Tiongkok ini berupaya memperluas ekosistem layanannya.
 
Perusahaan smartphone terbesar keempat dunia ini menyebut menyuguhkan antarmuka pengguna lebih baik, kemampuan untuk menampilkan layar ponsel tanpa harus menghubungkannya ke komputer, perbaikan pada dukungan multitasking, dan daya tahan baterai, serta lebih banyak kendali privasi untuk pengguna.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif