Huawei menandatangani Nota Kesepahaman dengan Institut Teknologi Del Sumatera Utara
Huawei menandatangani Nota Kesepahaman dengan Institut Teknologi Del Sumatera Utara

Huawei Gandeng Institut Teknologi Del Sumatera Utara untuk Transformasi Digital

Teknologi teknologi huawei corporate transformasi digital
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 19 Mei 2020 10:15
Jakarta: Huawei menandatangani Nota Kesepahaman dengan perguruan tinggi yang berlokasi di tepian Danau Toba, Sumatera Utara, Institut Teknologi Del (IT Del).
 
Nota Kesepahaman ini menandai dimulainya dukungan Huawei dalam menyediakan teknologi untuk mendukung terselenggaranya transformasi digital di IT Del, termasuk membantu menyiapkan talenta TIK masa depan berkompetensi gobal serta mampu menjawab kebutuhan industri di era digital melalui program pelatihan dan alihpengetahuan bersertifikasi.
 
Kerja sama antara Huawei dan IT Del diharapkan mampu berkontribusi terhadap pengembangan dan peningkatan daya saing ekosistem TIK Indonesia baik di kancah nasional, regional, hingga dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penerapan solusi TIK berbasis cloud dinilai memiliki relevansi dengan situasi terkini. IT Del, sebagaimana lembaga pendidikan lainnya, harus menerapkan perkuliahan secara online. Dosen dan mahasiswa harus berinteraksi dari kediaman masing-masing sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.
 
Ken Qijian, Vice President Public Affairs and Communications Huawei Indonesia, mengatakan bahwa penyediaan solusi TIK untuk IT Del merupakan salah satu komitmen global Huawei, #LearningNeverStops serta #TECH4ALL.
 
“Tidak hanya tantangan yang muncul akibat adanya pandemi Covid-19, namun juga tantangan-tantangan terkait tuntutan kompetensi global di era digital. Kami berharap, solusi yang kami dapat memberikan dukungan optimal kepada IT Del sehingga proses perkuliahan terus berlangsung secara efektif dan efisien, dan kompetensi terus meningkat,” tutur Ken.
 
Rektor IT Del Sumatera Utara, Prof. Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D. mengatakan, selain akan dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung terselenggaranya edukasi online bagi 1.400 mahasiswa IT Del selama masa pandemi, solusi TIK ini juga akan dioptimalkan untuk mempercepat terselenggaranya transformasi digital di kampusnya.
 
“Sebelum pandemi, kami sudah mulai mendigitalkan materi-materi perkuliahan dan mengunggahnya di platform IT Del agar dapat diakses oleh mahasiswa. Sementara penerapan kuliah online dengan livestreaming secara real-time, menjadi bagian dari penerapan transformasi digital yang rencananya baru akan diterapkan pada 3 hingga 5 tahun ke depan. Namun, situasi pandemi telah mendorong kami untuk mempercepat prosesnya,” ujar Tagor.
 
Terkait dengan penyelenggaraan livestreaming secara real-time, Tagor mengungkapkan bahwa platform livestreaming Teachee yang telah terintegrasi dari solusi telah diujicoba, dinilai mampu menjawab kebutuhan.
 
Ia menginformasikan bahwa mayoritas mahasiswa IT Del mengharapkan adanya platform livestreaming yang memiliki User Interface yang akomodatif terhadap interaksi dua arah, praktis serta mudah untuk digunakan, ringan untuk diakses, lancar dan tidak patah-patah, tidak menggunakan pembatasan waktu, tidak menjadikan boros paket data, dan aman.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif