NEWSTICKER
Potongan film Minority Report tahun 2002 yang menceritakan teknologi AI untuk meramal kasus tindak kriminal sebelum terjadi.
Potongan film Minority Report tahun 2002 yang menceritakan teknologi AI untuk meramal kasus tindak kriminal sebelum terjadi.

Polisi Inggris Kembangkan Teknologi Peramal Kasus Kriminal

Teknologi teknologi kecerdasan buatan
Cahyandaru Kuncorojati • 25 Februari 2020 08:35
Jakarta: Cerita di dalam film Minority Report yang dibintangi Tom Cruise di tahun 2002 mungkin bisa terjadi. Kepolisian di Inggris dilaporkan mengembangkan teknologi yang bisa meramal kasus kriminal.
 
Sama seperti di film tersebut, diharapkan kepolisian bisa lebih cepat menemukan pelaku kriminal sebelum tersangka melakukan aksinya. Teknologi ini akan mengandalkan pengembangan AI atau kecerdasan buatan.
 
Dikutip dari The Next Web, pemerintah Inggris ingin mengembangkan ini untuk negaranya. Dijelaskan bahwa teknologi ini mengandalkan algoritma machine learning yang terhubung ke data pelangggar hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini disebutkan 200.000 data pelanggar hukum atau mantan pelaku kriminal tingkat rendah digunakan untuk memprediksi apakah mereka akan melakukan tindak kriminal yang lebih buruk di masa mendatang.
 
Mereka juga menerapkan penilaian yang sistematis untuk menilai mantan pelaku kriminal melakukan tindak kejahatan lagi. Ternyata rencana pengembangan teknolosi dan sistem ini sejak 2019 berdasarkan berkas pertemuan Komite Etik dari Komisi Kepolisian dan Tindak Kriminal West Midlands.
 
Namun kepolisian Inggris tidak akan bertindak seperti polisi di film Minority Report. Mereka tidak mau menangkap pelaku yang diprediksi akan melakuakn tindak kriminal di masa mendatang tapi belum benar-benar melakukannya.
 
Justri kepolisian Inggris ingin bisa meramal hal tersebut sehingga mereka bisa mencegahnya dengan cara memberikan konseling atau dukungan lainnya ke calon pelaku tindak kriminal. Misalnya, dicarikan lapangan pekerja, konseling kejiwaan, dan rehabilitisai dari minuman keras.
 
Kepolisian West Midlands Inggris sudah menggelontorkan dana mencapai USD12,3 juta atau senilai Rp170,7 miliar untuk pengembangannya. Apabila tahap uji coba selesai maka pemerintah Inggris akan memberlakukan di seluruh pelosok negaranya.
 
Di film Minority Report digambarkan Tom Cruise sebagai polisi justru terjebak oleh sistem canggih ini. Dia justru diburu oleh kepolisian karena mesin peramal menyatakan Cruise akan melakukan tindak kriminal padahal hal ini dilakukan secara tidak sengaja dan belum terjadi.
 
Film bertemakan masa depan tersebut menggambarkan seberapa jauh teknologi AI bisa dipercaya untuk membantu manusia. Film Minority Report sendiri disutradarai oleh sosok ternama Steven Spielberg.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif