Router gaming Asus. (Asus)
Router gaming Asus. (Asus)

Tips & Trik

3 Penyebab Koneksi WiFi Terasa Lambat

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 07 Juli 2020 09:58
Jakarta: Pernah merasa koneksi WiFi di rumah Anda lelet? Tentunya semua orang tidak menginginkan koneksi WiFi lambat di rumahnya, apalagi jika koneksi WiFi tersebut memang untuk kebutuhan pribadi.
 
Lambatnya koneksi WiFi ternyata bisa diakibatkan oleh banyak hal dan semuanya harus Anda perhatikan jika tidak ingin koneksi WiFi di rumah Anda menjadi lambat.
 
Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan koneksi WiFi di rumah Anda menjadi lambat:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Router Ketinggalan Zaman
Kebiasaan para pengguna WiFi adalah selama perangkat router masih berfungsi alias bisa menyebarkan WiFi maka mereka tidak akan pernah membeli router yang baru hingga bertahun-tahun.
 
Padahal router adalah perangkat yang juga harus melakukan upgrade. Misalnya, membeli router baru yang punya teknologi jaringan WiFi terkini. Hal ini akan membuat penyebaran WiFi lebih optimal. Ditambah banyak pengguna yang juga tidak melakukan update firmware.
 
Ada beberapa teknologi wireless yang harus diketahui, jenisnya mulai dari B,G, atau bahkan N. Saat ini kebanyakan router masih menawarkan standar Wireless AC padahal sudah ada yang terbaru yaitu Wireless AX yang menawarkan kecepatan tinggi terbaru WiFi 6.
 
BACA: Ingin Beli Router? Kenali Fitur dan Istilah di Produknya
 
Ada juga fitur bernama dual-band. Router dengan teknologi ini bisa menyediakan dua jenis frekuensi, 2,5GHz dan 5GHz. Dua frekuensi ini menyediakan channel dengan jenis kecepatan dan jangkauan yang berbeda.
 
Frekuensi 2,5GHz punya jangkauan WiFi luas dengan kecepatan cukup cepat sementara 5GHz jangkauan sinyalnya sempit tapi kecepatan lebih cepat. Perpaduan keduanya bisa menyediakan router yang lebih bagus. Di pasar juga sudah ditawarkan router tri-band yang lebih mahal tapi bagus.
 
2. Posisi router terlalu jauh atau banyak penghalang sinyal
WiFi lambat bisa disebabkan oleh sinyal yang terlalu jauh antara router dan perangkat yang terhubung. Kondisi ini diperburuk dengan penghalang seperti dinding dan benda logam lainnya.
 
Jadi pengguna harus mempertimbangkan jangkauan sinyal WiFi dari router yang digunakan. Tidak ada salahnya apabila Anda mempertimbangkan membeli router terbaru yang jangkauannya jelas semakin luas. Informasi ini biasanya tertera di bagian luar penjualan router.
 
Anda juga bisa memanfaatkan perangkat lain seperti range extender WiFi yang sudah banyak tersedia di pasar. Alternatif lain, Anda bisa membeli router mesh WiFi, perangkat ini hadir dengan dua router sekaligus yang punya jangkauan sinyal lebih luas dan teknologi WiFi AX terkini.
 
3. Koneksi WiFi yang padat
Saat tinggal di apartemen atau WiFi biasanya Anda akan menjumpai begitu banyak sinyal router yang terdeteksi. Kondisi ini ternyata juga berakibat router harus berebut jaringan koneksi internet dan menjadi bertabrakan.
 
Kondisi ini bisa terasal lewat koneksi yang melambat di jam tertentu. Cara mengatasinya adalah dengan mengubah channel WiFI yang digunakan router. Beberapa aplikasi mobile yang tersedia untuk mengetahui channel WiFi yang kosong, di sini Anda kemudian bisa mengubah channel koneksi di router.
 

(MMI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif