Google Gmail, Drive, Meet dan Classroom mengalami permasalahan pada pagi ini, sehingga tidak dapat diakses.
Google Gmail, Drive, Meet dan Classroom mengalami permasalahan pada pagi ini, sehingga tidak dapat diakses.

Pagi Ini Google Meet, Drive dan Classroom Tumbang

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 25 September 2020 17:14
Jakarta: Tiga layanan Google yang tengah menjadi layanan penting selama masa pandemik Covid-19, yaitu Meet, Drive dan Classroom dilaporkan mengalami permasalahan sehingga pengguna tidak dapat menggunakan layanan tersebut.
 
Gangguan tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di sejumlah wilayah lain termasuk di Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, dan Filipina, seperti yang dilansir dari halaman situs Downdetector.id.
 
Gangguan ini terjadi selama beberapa menit pada sekitar pukul 9 atau 10 pagi, menyebabkan pertemuan via Meet yang tengah berjalan mendadak terputus dan pengguna tidak dapat mengakses tautan telekonferensi baik secara langsung dari tautan atau dari Google Classroom yang umum digunakan untuk mendukung metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah pengguna di Twitter melaporkan kelumpuhan layanan Google ini, khususnya Google Drive dan Google Classroom. Bahkan di luar negeri, Google Drive dilaporkan menghilangkan dokumen-dokumen yang tersimpan dalam layanan itu.
 
Saat mengalami permasalahan tersebut, layanan ini menampilkan keterangan “502”, mengindikasikan permasalahan atau error yang terjadi akibat kesalahan yang terjadi pada server. Namun, Google belum merilis pernyataan resmi untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi pada layanan mereka.

Sebelumnya, Google secara resmi meluncurkan Android 11 setelah selama beberapa bulan terakhir merilis versi beta dari sistem operasi mobile terbarunya tersebut. Sistem operasi ini dirilis secara lebih luas jika dibandingkan dengan prediksi.
 
Android 11 tidak hanya tersedia pertama kali pada perangkat Pixel, tapi juga sejumlah ponsel karya produsen lain seperti OnePlus, Xiaomi, Oppo dan realme. Versi akhir dari Android 11 ini kini tersedia pada smartphone Pixel 2, 3, 3A, 4, dan 4A.
 
Android 11 menambahkan berbagai fitur baru untuk sistem operasi mobile Google. Namun secara keseluruhan, update ini kurang terfokus dalam menambahkan fungsionalitas baru dan memudahkan pengguna untuk mengelola berbagai hal yang dapat dilakukan oleh ponsel.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif