Zoom juga menjadi aplikasi yang paling banyak diinstal di perangkat iOS selama pandemik Covid-19.
Zoom juga menjadi aplikasi yang paling banyak diinstal di perangkat iOS selama pandemik Covid-19.

Zoom Cetak Rekor Baru App Store Baru pada Kuartal Pertama

Teknologi teknologi zoom
Lufthi Anggraeni • 21 Juli 2020 16:13
Jakarta: Zoom dilaporkan mencetak rekor baru di App Store dengan jumlah instal sebanyak 94 juta di perangkat iOS selama bulan April hingga Juni lalu. Jumlah ini mengalahkan TikTok yang sebelumnya mencatatkan jumlah instalasi sebanyak 64 juta dari App Store.
 
Pada tahun sebelumnya, aplikasi dengan jumlah unduh dan instalasi terbanyak di iOS selalu diraih oleh game. Dan laporan Sensor Tower menyebut belum pernah ada aplikasi iOS non-game yang pernah melampaui jumlah unduh sebesar 59 juta dalam satu kuartal.
 
Sedangkan berdasarkan data dari Google Play Store selama kuartal kedua, Zoom diinstal sebanyak lebih dari 300 juta kali selama periode tiga bulan dari April hingga Juni lalu. Selain itu, TikTok menjadi aplikasi lain yang mengalami pertumbuhan signifikan selama tiga bulan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aplikasi video berdurasi singkat ini dilaporkan telah diunduh sebanyak 71 juta kali dari Apple App Store selama Q2, meningkat sebesar 154 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selama Q2, jumlah total unduh di App Store Amerika Serikat sebesar 2,2 miliar kali.
 
Angka tersebut mengalahkan jumlah unduh TikTok di App Store versi Tiongkok, sebesar 2,1 miliar untuk pertama kalinya. Dalam komparasi per tahun, jumlah unduhan aplikasi versi iOS di Amerika Serikat meningkat 27 persen selama Q2 jika dibandingkan dengan peningkatan di Tiongkok hanya sebesar dua persen.
 
Secara global, unduhan App Store meningkat sebesar 22,6 persen pada kuartal kedua, menjadi 9,1 miliar. Sedangkan unduhan pada kuartal kedua di Google Play Store di seluruh dunia mencapai 38,7 miliar, meningkat sebesar 34,9 persen.
 
Sebelumnya, Firma App Annie yang dikenal menyajikan insight atau pengetahuan mengenai kebiasaan pengguna smartphone dan aplikasi terpopuler, merilis riset terkait aplikasi yang banyak diunduh selama pandemik Covid-19. Menariknya untuk data di kuartal kedua tahun ini (Q2 2020) ternyata aplikasi Zoom dan TikTok menjadi yang paling populer.
 
App Annie mencatat bahwa waktu rata-rata bulanan yang dihabiskan untuk aplikasi mobile meningkat signifikan di kuartal kedua tahun ini dibandingkan kuartal yang sama di tahun lalu. Di Indonesia pertumbuhannya meningkat 25 persen untuk aplikasi mobile non-game.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif