CEO AMD, Lisa Su, memamerkan prosesor AMD Ryzen 6000 Series.
CEO AMD, Lisa Su, memamerkan prosesor AMD Ryzen 6000 Series.

CES 2022

AMD Ryzen 6000 Series Muncul, Masuk ke Laptop

Cahyandaru Kuncorojati • 05 Januari 2022 08:00
Jakarta: Di acara CES 2022 yang sudah berlangsung dini hari AMD langsung mengisi momen tersebut untuk menarik perhatian para pengguna perangkat laptop dan PC. Mereka mengumumkan banyak produk dan salah satunya adalah prosesor AMD Ryzen 6000 Series.
 
Prosesor yang memiliki nama kode “Rembrandt” bukan produk untuk kategori prosesor desktop melainkan mobile alias jenis APU yang ditujukan untuk laptop. Hal ini menandakan AMD juga akan menaruh perhatian besar kepada laptop generasi terbaru tahun ini.
 
AMD Ryzen 6000 Series “Rembrandt” diciptakan dengan fabrikasi 6nm dan arsitektur Zen 3+ dengan dukungan produksi dari TSMC. Tidak cuma unggul di performa CPU, tapi untuk pertama kalinya AMD membawa arsitektur GPU AMD RDNA 2 yang sebelumnya ada di GPU discrete.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AMD Ryzen 6000 Series Muncul, Masuk ke Laptop
 
Hal tersebut membuat jajaran prosesor AMD Ryzen 6000 Series memiliki performa CPU dengan klaim clock speed hingga 5GHz, performa pemrosesan lebih cepat 1,3 kali dan 2,1 lebih kencang di kinerja GPU dibandingkan generasi Ryzen 5000 Series.
 
AMD Ryzen 6000 Series Muncul, Masuk ke Laptop
 
AMD Ryzen 6000 Series untuk mobile (laptop) dibagi menjadi dua kategori varian yaitu H Series yang terdiri dari HS dan HS untuk kalangan enthusiast sementara U-Series untuk laptop tipis. 
 
AMD Ryzen 6000 Series Muncul, Masuk ke Laptop
 
Di jajajaran AMD Ryzen 6000 Series untuk HX dan HS series total ada delapan prosesor sementara U Series ada dua prosesor saja. Namun AMD juga merilis versi refresh dari keluarga AMD Ryzen 5000 Series untuk mengisi selisih performa di antara dua generasi.
 
AMD Ryzen 5000 versi refresh ini diberi kode “Barcelo” dengan tetap membawa arsitektur terbaru yaitu Zen3+ namun fabrikasi 7nm dan iGPU masih mengandalkan arsitektur Vega, bukan RDNA 2.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif