Ilustrasi
Ilustrasi

Konsumsi Konten dari Lockscreen di Indonesia Tumbuh Dua Kali Lipat

Lufthi Anggraeni • 17 Mei 2022 14:28
Jakarta: Platform konten layar kunci yang berkantor pusat di Singapura, Glance, merilis ‘Lock Screen Trends Report, 2022’, laporan mengenai tren konsumsi konten dan perilaku pengguna pada layar kunci telepon selular.
 
Berdasarkan pola engagement (interaksi) oleh lebih dari 200 juta pengguna Glance, laporan tersebut menyoroti perkembangan tren dan kebiasaan konsumsi media di Indonesia dan India. 
 
Mengacu pada laporan tersebut, Glance mencatat sejumlah tonggak sejak baru dalam setahun terakhir, mencapai 200 juta pengguna aktif secara global.
  
Di Indonesia, Glance mengklaim melihat lonjakan tinggi pada konsumsi konten layar kunci antara periode Desember 2020 – Desember 2021, dengan kenaikan sebesar 97 persen.
 
Masyarakat Indonesia juga menyukai kontennya, membuka layar kunci di telepon selular mereka sebanyak 60 kali sehari untuk mengkonsumsi konten layar kunci. Berbagi konten layar kunci meningkat 70 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kategori-kategori yang menjadi favorit pengguna di Indonesia adalah new, entertainment, nature & wildlife, technology, dan health & fitness. Konsumsi layar kunci mencapai puncaknya setelah jam makan malam, yaitu sekitar pukul 8 malam.  
 
“Baik itu, hiburan, berita terbaru, games maupun olahraga, konsumen ini dapat menikmati konten yang mereka sukai 24/7, tanpa perlu mengunduh aplikasi apapun. Brand marketers, pengembang dan produsen telepon selular juga memiliki medium baru dan kuat untuk terlibat dengan audiensnya," kata Bikash Chowdhury, Chief Marketing Officer Glance.
 
Laporan ini juga mengungkapkan bahwa pengguna di India menonton lebih banyak konten live dan interaktif di layar kunci. Mereka juga berpartisipasi aktif dalam live stream melalui polling interaktif, AMA, pertanyaan, komentar dan gifting.
 
Gaming adalah kategori live yang paling populer, sementara hiburan dan commerce menarik pengguna.  Lebih dari 12,5 juta pengguna menonton live game streaming di layar kunci mereka antara Desember 2021 – Februari 2022.
 
Pengguna di India juga menyukai live stream dari para influencer, termasuk masterclass berbayar, serta siaran langsung konser musik, dan fashion show bertiket yang ada di Glance. Glance memperkirakan akan melihat pertumbuhan tren yang serupa di Indonesia. 
 
“Untuk menambahkan konten internet terbaik bagi pengguna dengan cara yang unik, Glance juga memungkinkan brand dan publishers untuk terhubung dengan jutaan pengguna di permukaan yang paling banyak digunakan di telepon selular, yaitu layar kunci,” ujar Dalip Shahri, Director, Glance Market Development, Indonesia.
 
Glance berencana mengembangkan bisnisnya di Indonesia secara signifikan. Tim Glance di Indonesia diklaim telah berkembang tiga kali lipat selama tahun 2021, dan berencana untuk menggandakan jumlah karyawan di Indonesia setahun ke depan.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif