Ilustrasi. (Smartfren)
Ilustrasi. (Smartfren)

Lonjakan Trafik Layanan Terjadi di Semua Kategori Selama Ramadan dan Idul Fitri 1443H

Teknologi telekomunikasi smartfren telecom Mudik Lebaran 2022
Cahyandaru Kuncorojati • 15 Mei 2022 13:50
Jakarta Operator seluler Smartfren juga merilis informasi terkait antisipasi lonjakan trafik layanan di jaringan mereka pada periode momen Ramadan dan Idul Fitri 1443H. Sebelumnya mereka telah melakukan persiapan dengan optimalisasi dan peningkatan kualitas jaringan.
 
Smartfren mengklaim bahwa di sepanjang bulan Ramadan, momen Mudik dan Idul Fitri 1443 terjadi lonjakan trafik di semua kategori layanan. Di layanan internet kenaikan diklaim hingga 10 persen, SMS juga naik sebesar delapan persen, bahkan layanan voice juga mencapai 25 persen dibandingkan lebaran tahun lalu.
 
Lebih detail di lonjakan trafik layanan internet, didominasi oleh kenaikan akses streaming video, musik, hingga media sosial yang rata-rata mencapai di atas 10 persen. Lonjakan trafik juga terjadi di aplikasi TikTok sebsar 18 persen dan WhatsApp hingga 13 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kenaikan traffic internet kali ini dapat diantisipasi dengan baik dan masyarakat bisa terus menikmati layanan internet terbaik dari Smartfren. Mayoritas kenaikan terjadi di sepanjang jalur mudik, hingga menyebar ke berbagai kota tujuan mudik terutama di daerah Jawa Barat (10%) dan Jawa Tengah (18 persen) dan Jawa Timur (6 persen),”  ujar VP Networks Operations Smartfren, Agus Rohmat.
 
“Bahkan di beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur kenaikan mencapai diatas 60%. Pemicunya antara lain kebutuhan pelanggan untuk mengakses layanan internet di sepanjang perjalanan, dan ketika berada di tujuan mudik,” tambahnya.
 
Jaringan telekomunikasi Smartfren telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi switch over sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat. Teknologi ini juga berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam. 
 
Berkat rangkaian antisipasi tersebut, Smartfren berhasil memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga sebesar 60 persen selama periode lebaran dan kondisi network juga tidak ada Incident Critical yang menyebabkan gangguan terhadap jaringan
 
Smartfren juga menyediakan sejumlah produk yang membuat internetan makin nyaman, yaitu melalui promo add-on Unlimited Malam Full-Speed yang bisa ditambahkan ke paket Smartfren Unlimited Harian dan Unlimited Nonstop.
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif