?Halaman pencarian Google Indonesia menampilkan gambar Taman Nasional Lorentz.
?Halaman pencarian Google Indonesia menampilkan gambar Taman Nasional Lorentz.

Google Doodle Rayakan Taman Nasional Lorentz

Teknologi teknologi google
Lufthi Anggraeni • 04 Desember 2019 09:21
Jakarta: Halaman pencarian Google versi Indonesia pada hari ini Rabu, 4 Desember 2019 kembali menampilkan Google Doodle di halaman utamanya. Kali ini gambar yang ditampilkannya berupa lukisan alam dengan pegunungan, pepohonan dan burung.
 
Seperti biasanya, Google juga menyajikan informasi pendukung Doodle yang mereka tampilan di halaman pencarian utamanya. Saat mengarahkan pointer ke gambar, akan muncul tulisan menjelaskan gambar, kali ini yaitu “Celebrating Lorentz National Park”.
 
Apa itu Lorentz National Park? Taman Nasional Lorentz adalah taman nasional yang terletak di provinsi Papua, Indonesia, dengan luas wilayah sebesar 25,056 kilometer persegi atau sekitar 2,4 juta Ha.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Taman nasional yang berlokasi di sepanjang Pegunungan Mandala dengan puncak bernama ini merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara.
 
Sebagai informasi, Pegunungan Mandala memiliki puncak bernama Cartenz, dengan ketinggian setinggi 4884 meter di atas permukaan laut dan merupakan puncak tertinggi di Asia Tenggara.
 
Dari berbagai sumber, Taman Nasional Lorentz dideklarasikan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1999. Lorentz juga disebut sebagai taman nasional dengan ekologi beragam di seluruh dunia.
 
Selain itu berdasarkan situs resmi UNESCO, Taman Nasional Lorentz dijelaskan menjadi satu-satunya kawasan lindung di dunia yang menggabungkan penampak lintang berkelanjutan dan utuh, dari salju ke lingkungan laut tropis, termasuk lahan basah dataran rendah yang luas.
 
Taman nasional ini terletak di titik pertemuan dua lempeng benua yang bertabrakan, daerah bergeologi rumit dengan formasi gunung tersebar luas serta wilayah bertekstur akibat gletser. Area ini memiliki lokasi dengan fosil sebagai bukti evolusi kehidupan di Papua.
 
Selain itu, taman nasional ini juga disebut UNESCO memiliki tingkat endemisme tinggi dan tingkat keanekaragaman hayati tertinggi di wilayah tersebut. Taman Nasional Lorentz ini memiliki 34 tipe vegetasi dan 29 sistem dataran yang telah diidentifikasi dalam area tersebut.
 
UNESCO juga menemukan sebanyak 123 spesies mamalia di taman nasional ini, mewakili 80 persen fauna mamalia Irian Jaya secara keseluruhan.
 
Mamalia yang tercatat oleh UNESCO termasuk dua dari tiga monotremes dunia, yaitu echidna paruh pendek (Tachyglossus aculeatus) dan echidna paruh panjang (Zaglossus bruijinii), yang merupakan endemik Papua.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif