Kerja sama Dell dan TUV Rheinland untuk Eyesafe.
Kerja sama Dell dan TUV Rheinland untuk Eyesafe.

Strategi Dell Kurangi Efek Biru di Layar

Teknologi dell Computex 2019
Mohammad Mamduh • 31 Mei 2019 14:10
Taipei: Warna biru pada layar merupakan salah satu faktor yang membuat mata cepat lelah.
 
Adopsi warna kuning yang dinilai membuat mata lebih nyaman tak sepenuhnya benar. Ditambah lagi, penggunaan warna kuning tidak akan begitu berguna saat menonton film atau streaming. Dell menyiapkan strategi baru untuk mengatasi masalah ini.
 
Dalam ajang Computex 2019, Dell mengumumkan kerja sama dengan TUV Rheinland, penyedia standar sertifikasi pihak ketiga. Kerja sama ini memungkinkan beberapa laptop Dell punya sertifikat Eyesafe, yang menjadi indikator cahaya biru dengan intensitas rendah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jajaran laptop yang mendapatkan sertifikasi Eyesafe adalah Alienware Area 51m, Alienware M17, Dell G7, dan XPS 13 2-in1.
 
Salah satu pertimbangannya adalah pola kebiasaan pengguna, yang selalu melihat layar laptop atau PC dalam waktu yang sangat lama. Ini membuat mata cepat lelah karena cahaya biru yang cukup intensif.
 
Eyesafe memungkinkan cahaya biru tidak memberikan efek lelah yang lebih cepat, di saat yang sama tidak mengurangi kualitas warna.
 
TUV Rheinland menyebutkan, standardisasi mereka yang disebut Method 2, mewajibkan layar punya punya rasio antara cahaya biru tingkat tinggi (415-455nm) ke cahaya biru penuh (400-500nm) kurang dari 50 persen.
 
“Integrasi dalam manajemen intensitas cahaya biru adalah langkah penting untuk kesehatan manusia jangka panjang,” Jay Yang, TUV Rheinland Vice President untuk Greater China.
 
Radiasi cahaya biru yang cukup mengkhawatirkan juga telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Cahaya biru yang berlebihan bisa memengaruhi pola tidur dan penyakit lainnya.
 
Sebelum Dell, Samsung juga telah mencoba menerapkan teknologi yang sama pada jajaran produk mereka. Namun, itu hanya berlaku untuk panel OLED. Sementara Eyesafe bisa diterapkan di panel IPS dan OLED. Ini berarti lebih banyak perangkat yang bisa mendapatkan manajemen warna biru yang sama.
 
Kerja sama Dell dan TUV Rheinland ini eksklusif selama satu tahun, setelah itu TUV Rheinland berencana menambah lebih banyak partner.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif