Baterai lithium-ion.
Baterai lithium-ion.

Smartphone Samsung Bakal Adopsi Baterai Grafena

Teknologi samsung
Cahyandaru Kuncorojati • 14 Agustus 2019 10:10
Jakarta: Dari sekian perkembangan fitur smartphone,bagian baterai kurang mendapatkan inovasi, terkecuali kapasitas yang terus bertambah seiring ukurannya dan dukunhan pengisian cepat atau quick charge. Samsung kabarnya ingin menggunakam baterai jenis baru.
 
Informasi yang diungkap oleh leakster Evan Blass di akun Twitter miliknya menyebutkan Samsung bakal mengganti jenis bahan lithium-ion yang selama ini digunakan oleh semua merek smartphone. Graphene atau grafena akan dipilih sebagai baterai smartphone terbaru.
 
Dikutip dari Business Insider, Evan juga menyebutkan bocoran yang bersifat rumor bahwa Samsung akan menggunakan grafena pada baterai smartphone yang dirilis di tahun 2020 atau paling lamnat 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Klaim kemampuan baterai berbahan grafena ini mampu mendukung pengisian cepat dengan kemampuan terisi penuh dalam waktu setengah jam saja.
 
Tidak diketahui berapa ukuran kapasitas yang digunakan untuk kemampuan tersebut namun baterai lithium-ion yang digunakan saat ini sebagian besar bisa terisi penuh dalam waktu sejam atau hampir satu jam lebih 30 menit.
 
Penelusuran Medcom.id menemukan bahwa di tahun 2017 Samsung sudah memulai riset penggunaan grafena sebagai pengganti lithium-ion. Penelitian yang dilakukan Advanced Institute of Technology Samsung saat itu mengklaim bahwa baterai dari grafena bisa terisi penuh dalam waktu 12 menit saja.
 
Masih dari Business Insider, dijelaskan bahwa sebuah lapisan atom karbon dari grafena memiliki tingkat konduksi aliran listrik yang lebih baik ketimbang tembaga, 100 kali lebih baik. Diklaim juga bahwa baterai dengan grafena mampu menyediakan transfer daya energi 140 kali lebih cepat.
 
Sifat material yang demikian membuatnya dilirik oleh Samsung untuk mendukung pengisian cepat pada smartphone, ungkap hasil riset Samsung di tahun 2017. Namun, belum ada hasil riset yang mengungkap berapa lama baterai ini nantinya bisa bertahan.
 
Selama ini beberapa merek smartphone mengklaim bahwa perangkat mereka bisa bertahan hingga dua hari dan menggunakan baterai lithium-ion. Apabila baterai berbahan grafena diwujudkan, pekerjaan selanjutnya adalah menciptakannya dnegan kapasitas besar tapi tetap menekan harga semurah mungkin.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif