Ilustrasi: Extremetech
Ilustrasi: Extremetech

Intel Pamerkan GPU Perdana DG1

Teknologi teknologi hardware intel
Cahyandaru Kuncorojati • 07 Januari 2020 10:19
Las Vegas: Dalam ajang CES 2020, Intel akhirnya memamerkan kartu grafis diskrit perdana mereka. GPU yang mereka beri kode DG1.
 
Sebelumnya Intel memang sudah menyebut tengah sibuk menggarap kartu grafis mandiri mereka, yang selama ini pasarnya dikuasai NVIDIA dan AMD. Ini merupakan langkah baru mereka dalam kembali bersaing di industri PC.
 
Belum banyak informasi yang diberikan pihak Intel, dikutip dari The Verge. Dalam sebuah eksibisi di CES 2020, mereka menampilkan demonstrasi game Destiny 2 yang dijanlankan dengan DG1.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, Intel DG1 menggunakan arsitektur Xe, yang juga diadopsi kartu grafis terintegrasi Intel generasi berikutnya, dengan fabrikasi 10nm Tiger Lake.
 
Intel mengklaim chip Xe yang terintegrasi dengan Tiger Lake akan memberikan performa grafis hingga dua kali lipat dari generasi sebelumnya. Ini berarti DG1 akan menghadirkan performa yang lebih kencang.
 
Spekulasi Tom’s Hardwaremenyebut bahwa generasi awal DG1 hanya merupakan versi terpisah dari apa yang terpasang pada prosesor Tiger Lake. Jika spekulasi tersebut cocok, ini bisa menjadi peluang Intel dalam menerapkan sinkronisasi CPU dan GPU yang lebih mudah dan cepat.
 
Ini memungkinkan peningkatan performa grafis yang lebih baik, diibaratkan menggunakan dua GPU sekaligus. Sebuah kemungkinan yang cukup menarik, dan sebenarnya langkah ini sudah dicoba oleh AMD lewat jajaran notebook.
 
Intel memang mengakui bahwa mereka ‘kurang kuat’ di pasar grafis laptop. Sampai pada tahun 2018, mereka menggandeng kompetitor utama AMD untuk menggarap prosesor Intel Core i5 dengan kartu grafis AMD terintegrasi.
 
Intel juga telah menggarap berbagai proyek GPU selama beberapa tahun terakhir, termasuk merekrut pentolan AMD Raja Khoduri pada tahun 2017. Masuknya Raja memang memberikan gebrakan baru untuk Intel, terutama dari segmen kartu grafis.
 
Intel belum memberikan informasi lebih jauh mengenai perangkat yang akan ditenagai DG1. Sejauh ini, Intel hanya menyebutkan prosesor Tiger Lake yang terpasang chip Xe akan tersedia tahun ini, dan perangkat yang mengadopsinya akan dijual sekitar kuartal kedua atau ketiga.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif