Canalys memprediksi perangkat audio personal cerdas akan menjadi kategori dengan pertumbuhan tercepat kedua.
Canalys memprediksi perangkat audio personal cerdas akan menjadi kategori dengan pertumbuhan tercepat kedua.

Canalys: Pasar Headphone Nirkabel Bakal Tumbuh Cepat

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 24 Januari 2020 15:33
Jakarta: Canalys merilis laporan terbaru memprediksi bahwa audio personal akan menjadi kategori perangkat cerdas dengan pertumbuhan tercepat selama beberapa tahun mendatang, namun belum akan dapat mengalahkan smartphone.
 
Menurut Canalys, tiga miliar perangkat cerdas akan dikapalkan secara global pada tahun 2023 mendatang, meningkat dari 2,4 miliar pada tahun 2019 lalu. Separuh dari angka tersebut, yaitu 1,5 miliar, akan disumbang oleh smartphone.
 
Jumlah ini mungkin tidak besar namun menampilkan pertumbuhan yang konsisten, sedangkan kategori PC, laptop, dan tablet mengalami penurunan. Kategori terbesar selanjutnya diprediksi Canalys adalah audio personal cerdas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kategori ini berkisar dari headset nirkabel atau True Wireless (TWS), hingga headphone over-the-ear. Dengan sebanyak 726 juta unit yang diprediksi akan dikapalkan pada tahun 2023 mendatang, kategori ini akan menjadi hal besar selanjutnya.
 
Secara singkat, Canalys memperkirakan pengapalan audio personal akan mencapai 490 juta unit pada tahun 2020 ini, bertumbuh sebesar 32,1 persen jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu. Perangkat audio berukuran lebih besar, seperti speaker cerdas, akan menjadi kategori dengan pertumbuhan tercepat kedua.
 
Dengan peningkatan sebesar 21,7 persen dalam pengapalan, produsen perangkat diperkirakan akan mengapalkan sebesar 150 juga unit pada tahun 2020 ini. Dan pada tahun 2023 mendatang, popularitas speaker cerdas akan menyamai smart band.
 
Apple diperkirakan telah menemukan kategori potensial baru setelah iPod. Pendapatan dari bisnis AirPod dan Watch diprediksi akan melampaui pendapatan Mac dan iPad pada akhir tahun 2020 ini.
 
Namun, Canalys menyebut bahwa Apple harus berkompetisi dengan produsen lain, yang kini berlomba menembus ekosistem perangkatnya dan memberikan pengalaman dengan performa dan kenyamanan serupa.
 
Sebagai informasi, kategori produk audio TWS telah dimeriahkan oleh sejumlah produsen seperti Samsung, Xiaomi, Huawei, realme, dan JBL. Namun, AirPod karya Apple dilaporkan masih menjadi perangkat TWS terfavorit konsumen dunia.
 
Sebelumnya, data yang dirilis Strategy Analytics mengungkap bahwa hingga saat ini, Apple merupakan pemain terbesar di ranah True Wireless Headset (TWS). Perusahaan berbasis di Cupertino ini mengapalkan sebanyak 58,7 juta AirPods selama tahun 2019 lalu.
 
Dengan demikian, artinya satu dari dua headset TWS yang terjual pada tahun 2019 merupakan perangkat karya Apple. Jumlah tersebut mengganjar Apple dengan pangsa pasar sebesar 54,4 persen. Tidak hanya itu, Apple juga mendominasi 71 persen dari total pendapatan di pasar TWS di seluruh dunia.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif