Serah terima jabatan Menkominfo Rudiantara ke Johnny G Plate
Serah terima jabatan Menkominfo Rudiantara ke Johnny G Plate

Jadi Menkominfo, Johnny: Indonesia Harus Tambah Unicorn dan Punya Hectacorn

Teknologi kominfo teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Oktober 2019 16:45
Jakarta: Menkominfo terpilih di Kabinet Indonesia Maju Johnny G Plate hari ini Rabu, 23 Oktober 2019, telah melakukan serah terima jabatan dari Rudiantara. Ditemui usai acara tersebut, Johnny mengaku belum menyiapkan program kerja, namun tetap melanjutkan kontinuitas yang sudah ada.
 
"Saya yakini bahwa kementerian ini, periode kabinet ini bukan periode awal, tapi periode lanjutan. Ini masa jabatan incumbent, jadi, saya tidak perlu ditanya program 100 hari, 1.000 hari," ujar Johnny.
 
"Tapi yang saya lakukan adalah kontinuitas program yang sudah dibangun. Dalam rangka hal-hal yang harus ditindaklanjut, tentu, yang diminta adalah akselerasi," tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya Rudiantara menyebutkan bahwa fungsi atau peran Kominfo tidak lagi sebagai regulator, tapi juga fasilitator dan akselerator. Johnny menyambutnya dengan menyebut topik mengenai startup khususnya prestasi unicorn Indonesia.
 
"Ini Indonesia harus mampu menghasilkan lebih banyak unicorn, decacorn, dan kalau bisa kita punya startup dengan skala hectacorn," ucap Johnny.
 
Hectacornmerupakan istilah tertinggi pada level startup. Agar mendapatkan gelar tersebut, startup harus memiliki nilai valuasi melebihi USD100 miliar.
 
"Nanti kan banyak ahlinya, yang pasti dilakukan adalah kemudahan, peran regulator menjadi juga fasilitator seperti yang disampaikan untuk mempercepat kesempatan-kesempatan, khususnya di bidang digital sebagai tempat selancarnya para milenial, itu akan jadi perhatian besar," beber Johnny.
 
Johnny mengaku bahwa dunia teknologi yang berkaitan dengan jabatannya sebagai Menkominfo bukan dunia baru. Menurutnya jabatannya membuatnya menyesuaikan diri dengan perubahan yang sangat cepat seperti dunai teknologi.
 
Seperti yang diketahui bahwa platform pembayaran OVO baru saja berhasil mencapai status unicorn. Pencapaian tersebut menambah jumlah startup unicorn yang sudah dimiliki Indonesia, di antaranya Gojek, Bukalapak, Tokopedia, Traveloka, dan kini OVO.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif