Ilustrasi concep art kartu grafis Intel Xe.
Ilustrasi concep art kartu grafis Intel Xe.

Raja Koduri: Kartu Grafis Intel Tidak Dipatok Rp2,8 juta

Teknologi hardware intel vga
Cahyandaru Kuncorojati • 05 Agustus 2019 11:58
Jakarta: Beberapa waktu lalu, terjadi misinformasi pernyataan Chief Architect and SVP of Architecture, Software and Graphics Intel, Raja Koduri terkait kartu grafis diskrit pertama Intel dalam wawancara dengan media Rusia bernama Pro Hi-Tech.
 
Wawancara yang diunggah ke YouTube dalam Bahasa Rusia tersebut ternyata memiliki terjemahan yang berbeda saat fitur auto-translate di YouTube diaktifkan.
 
Misinformasi yang beredar bahwa kartu garfis diskrit pertama Intel yang bakal direncanakan dirilis pada 2020 dibanderol, USD200 atau senilai Rp2,8 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Tom's Hardware, ternyata pernyataan tersebut tidak benar karena hasil terjemahan otomatis di YouTube salah.
 
Hal ini juga sudah diklarifikasi langsung oleh pihak Intel yang membagikan transkrip asli wawancara dengan Koduri. Hasilnya, pernyataan Koduri justru berbeda jauh dari misinformasi yang beredar.
 
"Tidak semua orang akan membeli produk di harga USD500-600 (Rp7,1 - 8,5 juta) tapi bukan berarti tidak ada jadi pasar tersebut akan sangat bagus.
 
Jadi strategi kami adalah tidak mencemaskan rentang performanya termasuk harga dan lainnya karena kami akan menargetkan kelas mainstream dimulai dari USD100 (Rp1,4) juta" ungkap Koduri.
 
"Kami akan menyentuh semua kelas pasar. Strategi kami akan membutuhkan periode hingga 2-3 tahun untuk bisa mengisi semua pasar," imbuh Koduri. Penjelasan Koduri ini dinilai mencerminkan strategi kartu grafis pertama mereka yaitu Intel Xe yang sempat disampaikan ke publik.
 
Saat itu dijelaskan bahwa arsitektur kartu grafis Intel Xe atau yang diberikan nama kode Arctic Sound akan menjangkau mulai dari kelas terintegrasi di CPU, diskrit di kelas menengah, enthusiast, dan data center. Intel juga masih membagi lagi produknya berdasarkan jenis arsitekturnya.
 
Jenis kartu grafis integrated dan diskrit untuk segmen consumer (client), dan untuk segmen data center hanya disediakan versi diskrit. Intel juga menyebutkan bahwa GPU kartu grafis pertama mereka akan menggunakan fabrikasi 10nm dan dijadwalkan tersedia tahun 2020.
 
Intel sendiri masih menutup rapat kartu grafis pertama mereka. Berbeda dari produk merek lain, sejauh ini tidak ada bocoran spesifikasi atau performa dari kartu grafis Intel Xe Arctic Sound.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif