Berkolaborasi dengan Shopee, Vidio secara resmi meluncurkan fitur Vidio Shopping dengan Vidio Affiliate Shopping Ads.
Berkolaborasi dengan Shopee, Vidio secara resmi meluncurkan fitur Vidio Shopping dengan Vidio Affiliate Shopping Ads.

Shopee & Vidio Ubah Cara Belanja Digital Lewat Integrasi Fitur Vidio Shopping

Lufthi Anggraeni • 04 Agustus 2025 08:00
Jakarta: Berkolaborasi dengan Shopee, Vidio secara resmi meluncurkan fitur Vidio Shopping dengan Vidio Affiliate Shopping Ads. Fitur ini menjadikan Vidio sebagai platform OTT pertama di Indonesia yang mengintegrasikan fitur afiliasi online commerce secara langsung dalam tayangan.
 
Bersama Shopee, inisiatif ini menghadirkan pengalaman belanja yang kontekstual dan seamless, memungkinkan penonton dapat langsung membeli produk di Shopee sesuai dengan konten yang sedang mereka nikmati.
 
Melalui kerja sama ini, Vidio dan Shopee menggarisbawahi potensi kedua platform dalam mendukung bisnis dari berbagai skala, termasuk UMKM dan brand lokal, agar dapat menjangkau konsumen melalui medium yang lebih relevan dan kontekstual.

Peluncuran ini menjadi langkah strategis bagi Vidio dalam memperkuat peranannya di ekosistem digital yang dinamis. Di Indonesia, tren content commerce tengah berkembang pesat, bertransformasi dari sekadar konten informatif menjadi saluran penjualan langsung yang terintegrasi dengan platform digital dan media sosial.
 
Inisiatif ini berfokus pada penciptaan cara baru berbelanja lebih menarik, personal, dan menyatu dengan keseharian pengguna. Pada fase awal peluncuran, fitur ini tersedia dalam berbagai tayangan unggulan Vidio, seperti Premier League, Asmara Gen Z, dan Vidio Original Series.
 
Fitur ini akan memungkinkan penonton dapat melihat dan membeli produk melalui aplikasi Shopee tanpa harus meninggalkan layar. Pengguna hanya perlu mengklik ikon keranjang atau banner yang muncul dalam konten, dan kemudian akan diarahkan ke halaman produk Shopee untuk proses checkout cepat dan mudah. 
 
Kolaborasi ini menjadi langkah awal menuju pengalaman berbelanja yang semakin kontekstual dan personal. Ke depannya, fitur ini akan dikembangkan dengan kemampuan personalisasi yang memungkinkan setiap penawaran disesuaikan dengan minat dan perilaku menonton pengguna.
 
Integrasi antara hiburan dan e-commerce ini membuka peluang baru dalam mengubah penonton menjadi pembeli secara natural dan relevan. Hingga saat ini, fitur Vidio Shopping masih dalam fase percobaan dengan 15 brand yang telah bergabung dalam ekosistem content commerce ini.
 
Brand tersebut termasuk Wondermist, FFAR, Majika, Wardah, Emina, Kahf, Make Over, Samsung, Somethinc, Amaterasun, Hint, Nivea, Eiger, Colorbox, dan The Executives. Fitur Vidio Shopping akan membantu penonton berbelanja di Shopee sambil menonton konten tayangan yang mereka sukai di Vidio dengan cara mudah, sebagai berikut.
 
Shopee & Vidio Ubah Cara Belanja Digital Lewat Integrasi Fitur Vidio Shopping
 
1. Klik tombol ‘Play’ pada konten tayangan yang ingin ditonton di Vidio.
2. Penonton dapat melihat daftar lengkap dan informasi tentang setiap produk di bagian banner atau ikon keranjang yang akan muncul di konten tersebut.
3. Jika penonton mengklik produk yang disuka, kemudian akan langsung diarahkan ke halaman produk di Shopee. Penonton dapat memasukan produk ke keranjang Shopee maupun klik ‘Beli Sekarang’ dan langsung checkout produk dengan cepat dan mudah.
 
Sutanto Hartono, CEO Vidio mengatakan, “Kolaborasi ini menandai lompatan inovasi dalam lanskap periklanan digital. Lewat Vidio Shopping, kami menggabungkan kekuatan konten streaming dengan tur belanja interaktif dari Shopee, menghadirkan format iklan terintegrasi yang muncul di saat paling relevan, ketika penonton menikmati konten favorit mereka. Kami bangga dapat bermitra dengan Shopee sebagai platform e-commerce terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara, sekaligus membuka peluang monetisasi baru serta menetapkan standar inovasi bagi ekosistem konten dan commerce di tanah air.”
 
Sementara itu, Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth, Shopee Indonesia menambahkan, “Shopee senang dapat bekerjasama dalam program inovatif yang dihadirkan Vidio, yang secara cerdas mengubah momen-momen paling engaging dalam sebuah tayangan menjadi pengalaman belanja yang relevan dan seamless. Kami melihat kolaborasi ini dapat membantu para penjual di platform kami semakin terhubung dengan lebih banyak calon pembeli melalui konten menarik yang dihadirkan oleh Vidio. Dan kedepannya akan semakin mendorong pertumbuhan dan peningkatan penjualan bagi bisnis UMKM dan brand lokal.”
 
Fitur Vidio Shopping ini akan memasuki masa percobaan pada 25 Juli 2025 dan menjadi langkah konkret kolaborasi Shopee dan Vidio dalam menghadirkan inovasi periklanan digital dan online commerce yang menyatu secara alami dengan perilaku penonton Indonesia saat ini.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan