Ilustrasi satelit GPS III yang telah mengudara.
Ilustrasi satelit GPS III yang telah mengudara.

SpaceX Sukses Luncurkan Satelit GPS Baru

Teknologi SpaceX
Ellavie Ichlasa Amalia • 24 Desember 2018 13:49
Jakarta:SpaceX sukses meluncurkan satelit GPS (Global Positioning System) III milik Air Force Amerika Serikat.
 
Satelit yang dinamai Vespucci itu diluncurkan dari Cape Canaveral, Florida. Ini adalah misi keamanan nasional pertama yang didapatkan oleh SpaceX. SpacceX berencana untuk melakukan peluncuran pada awal minggu ini. Namun, angin kencang memaksa mereka untuk menunda peluncuran.
 
SpaceX memenangkan kontrak National Security Space (NSS) dengan Air Force pada 2016. Mereka berencana untuk meluncurkan empat GPS III menggunakan Falcon 9, roket yang dibuat oleh SpaceX, lapor TechCrunch.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satelit GPS ada di bawah kepemilikan militer AS dan dioperasikan oleh Air Force. Dibuat pada Perang Dingin, GPS telah digunakan untuk kepentingan komersial sejak tahun 2000-an.
 
Satelit-satelit GPS baru, yang dibuat oleh Lockheed Martin, akan memberikan tingkat akurasi tiga kali lebih baik dari sistem GPS yang ada sekarang ini. Selain itu, menurut SpaceX, satelit baru ini juga memiliki fitur anti-jamming delapan kali lebih baik.
 
"Generasi satelit GPS terbaru ini didesain dan dikembangkan untuk memberikan informasi posisi, navigasi, dan waktu," kata SpaceX. "GPS digunakan oleh lebih dari empat miliar pengguna dan mendukung misi penting di seluruh dunia."
 
Selama tahun 2018, SpaceX telah menjalankan 21 misi peluncuran, naik total peluncuran mereka pada tahun lalu, yang hanya mencapai 18 kali. Didirikan oleh Elon Musk pada 2002, SpaceX dikabarkan tengah mengumpulkan dana sebesar USD500 juta untuk membantu proyek Starlink,
 
Melalui proyek itu, SpaceX berencana meluncurkan 11 ribu satelit untuk meningkatkan kualitas jaringan internet di seluruh dunia.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi