Google Perbaiki Masalah Penyimpanan di Perangkat Pixel

Lufthi Anggraeni 24 Oktober 2018 10:15 WIB
google
Google Perbaiki Masalah Penyimpanan di Perangkat Pixel
Google akan segera merilis update software untuk memperbaiki bug pada kamera ponsel Pixel.
Jakarta: Beberapa hari lalu, beredar informasi menyebut bahwa terdapat bug mencegah perangkat Pixel dan sejumlah ponsel Android lain untuk menyimpan foto yang dipotret oleh kamera perangkatnya.

Karenanya, Google merilis update software yang digulirkan secara bertahap dalam beberapa minggu mendatang.

Namun, Google enggan mengungkap penyebab permasalah yang dialami perangkat Pixel dan Android tersebut. Selain berdampak pada seluruh tiga generasi ponsel Pixel, keluhan serupa juga diutarakan oleh sejumlah pemilik Nexus 5X, Samsung Galaxy S9, Moto Z2 dan Moto E.


Pada pernyataannya, Google tidak menyebut bahwa update akan dikirimkan ke model tertentu, namun seperti yang dikutip Android Police, perbaikan ini akan tersedia untuk ketiga generasi perangkat Pixel.

Pada ponsel bermasalah, gambar thumbnail dari foto terakhir akan menghilang dari lingkaran pada antarmuka pengguna kamera.

Mengetuk gambar ini umumnya akan menampilkan gambar secara utuh di layar ponsel. Namun, pada perangkat bermasalah, gambar akan menghilang saat diketuk. Teori yang beredar di masyarakat beranggapan bahwa permasalahan ini disebabkan oleh fitur HDR+.

Permasalahan ini diperkirakan terjadi saat pengguna meninggalkan aplikasi kamera, atau saat layar menghitam sebelum pemprosesan HDR+ pada foto selesai. Meskipun demikian, Google akan segera menggulirkan patch yang dibutuhkan untuk menghilangkan bug ini.

Sebelumnya, bug juga ditemukan pada salah satu aplikasi Google, yaitu Google News, yang menyedot kuota data internet pengguna hingga belasan gigabyte.

Hal ini pertama kali dilaporkan oleh pengguna Android bernama Zach Dowdle via situs Google News Help Forum sejak bulan Juni lalu.

Sementara itu, Aplikasi Camera baru yang terdapat di lini Pixel 3 kini telah tersedia di smartphone lain melalui update. Update ini juga menambahkan gestur baru, memungkinkan pengguna menekan layar selama beberapa saat untuk mengakses Google Lens.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.