Apple akan hapus aplikasi yang tidak menghilangkan kode untuk merekam aktivitas pengguna iPhone. (Photo by NICOLAS ASFOURI / AFP)
Apple akan hapus aplikasi yang tidak menghilangkan kode untuk merekam aktivitas pengguna iPhone. (Photo by NICOLAS ASFOURI / AFP)

Apple Ancam Hapus Aplikasi yang Rekam Kegiatan Pengguna iPhone

Teknologi apple iphone
Ellavie Ichlasa Amalia • 09 Februari 2019 08:46
Jakarta:Laporan terbaru dari TechCrunch dan The App Analyst menunjukkan bahwa beberapa perusahaan besar menggunakan alat analisa pada aplikasi mereka untuk diam-diam merekam setiap tap dan swipeyang pengguna iPhone buat pada aplikasi mereka.
 
Sekarang, Apple mengancam para developer untuk menghapus kode untuk merekam kegiatan pengguna pada layar iPhone jika mereka tidak mau aplikasi mereka dihapus dari App Store. Masalahny, kebanyakan aplikasi yang merekam kegiatan aktivitas pengguna iPhone bahkan tidak meminta izin pengguna, lapor Engadget.
 
Itu melanggar peraturan yang ditetapkan oleh Apple. Kepada TechCrunch, juru bicara Apple mengatakan bahwa aplikasi di App Store harus meminta izin eksplisit pengguna dan memberikan indikasi visual yang jelas ketika mereka merekam, menyimpan, atau mencatat aktivitas pengguna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, alat untuk merekam aktivitas pengguna ini seharusnya menyembunyikan data sensitif, seperti nomor paspor dan kartu kredit, pada layar pengguna. Sayangnya, ada sebagian data sensitif yang ikut terekam.
 
Juru bicara Apple mengatakan, mereka telah mencoba untuk menghubungi developer yang aplikasinya melanggar peraturan App Store dan mereka akan mengambil tindakan jika diperlukan. Apple juga menyebutkan, para developer memiliki waktu satu hari untuk menghapus kode untuk merekam aktivitas pengguna iPhone. Jika mereka tidak gagal memenuhi permintaan ini, aplikasi mereka akan dihapus dari App Store.
 
Sebuah perusahaan bernama Glassbox menyediakan teknologi untuk merekam aktivitas pengguna iPhone ke beberapa perusahaan ternama, termasuk Expedia, Hotels.com, Air Canada, dan Abercrombie & Fitch. Teknologi mereka memungkinkan perusahaan klien untuk memutar ulang kegiatan pengguna ketika mereka menggunakan aplikasi, sehingga perusahaan tahu bagaimana pengguna menggunakan aplikasi mereka.
 
Dalam pernyataan resmi, Glassbox membantah bahwa klien mereka "memata-matai" para pengguna iPhone. Mereka menekankan, mereka menyediakan alat untuk menyembunyikan data pribadi pengguna iPhone. Selain itu, mereka juga tidak membagikan informasi yang mereka punya dengan pihak ketiga dan data yang mereka dapatkan terenkripsi dan disimpan dengan aman.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif