Noctua NH-U12A.
Noctua NH-U12A.

Noctua Rilis NH-U12A, CPU Cooler 120mm Ramping

Teknologi hardware noctua
Cahyandaru Kuncorojati • 20 Maret 2019 15:31
Jakarta: Produsen sistem pendingin PC ternama asal Austria, Noctua, kembali menelurkan produk terbaru. Masih hadir dengan warna khas, Noctua memperkenalkan NH-U12A. Produk ini adalah generasi kelima dari seri CPU Cooler Noctua NH-U12.
 
Noctua NH-U12A hadir di kelas CPU cooler 120mm. Produk ini hadir dengan desain satu tower heatsink dan dua kipas pendingin. Tower pendingin Noctua NH-U12A disebut memiliki luas permukaan fin untuk pembuangan suhu panas yang lebih baik.
 
Heatpipe di bawah heatsink kini dibuat sebanyak tujuh buat heatpipe. Di kedua sisi tower heatsink tersebut terpasang Noctua NF-A 12x15 PWM ukuran 120mm. Noctua mengklaim bahwa performa Noctua NH-U12A bisa menyaingi produk lain di ukuran 140mm.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami meneruskan produk legendaris yang pertama kali diperkenalkan pada 2005 dan kini sudah memasuki generasi kelima," jelas CEO Noctua, Roland Mossig.
 
Sepeti yang diketahui, CPU cooler ukuran 140mm kerap mengalami masalah karena desainnya yang mengganggu slot pemasangan kartu RAM dan slot PCIe untuk kartu grafis. Jadi ukuran 120mm dinilai lebih ideal tapi performanya tentu berbeda dari ukuran 140mm.
 
Sementara Noctua mengklaim bahwa NH-U12A di ukuran 120mm memiliki peforma yang sejajar dengan 140mm. Pihak Noctua menyebut produk ini memiliki sisi yang asimetris. Sisi dekat slot RAM dibuat tidak akan menutupi bagian tersebut.
 
Kompatibilitas ini berlaku di motherboard Intel LGA115x maupun AMD AM4. Tinggi keseluruhan Noctua NH-U12A mencapai 158mm sehingga bisa dipasang di dalam casing PC model tower ukuran menengah atau besar.
 
Sementara lebar keseluruhannya mencapai 125cm, Noctua menjamin tidak akan mengganggu slot PCIe di motherboard ukuran ATX maupun micro-ATX. Dalam paket penjualannya tersedia kaki pengunci SecuFirm 2 multi-socket dan thermal paste Noctua NT-H1.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif