Xiaomi Mi Band Bisa Baca Detak Jantung Benda Mati?

Cahyandaru Kuncorojati 10 Oktober 2018 11:40 WIB
xiaomi
Xiaomi Mi Band Bisa Baca Detak Jantung Benda Mati?
Xiaomi Mi Band 3 dipasang di gulungan tisu. (Gizmodo)
Jakarta: Di Tiongkok tengah berkembang tren memasangkan jam tangan pendeteksi detak jantung ke benda mati, misalnya gulungan tisu toilet dan lain-lain.

Dikutip Gizmodo, tren tersebut menjadi viral di media sosial Weibo, yang ternyata mengungkap keanehan di perangkat jam tangan pintar atau smartwatch yang memiliki sensor untuk membaca detak jantung.

Keanehan tersebut adalah jam tangan pintar bisa menampilkan informasi detak jantuk dari benda mati yang dipasangkan. Hal ini pertama kali diberitakan oleh situs teknologi asal Tiongkok Abacus.


Dijelaskan bahwa awalnya beredar unggahsn seorang netizen yang memasang Xiaomi Mi Band 3 ke gulungan tisu toilet.

Anehnya, Xiaomi Mi Band 3 menampilkan bahwa benda tersebut memiliki detak jantung di angka 81 BPM. Hal ini kemudian diikuti oleh netizen lainnya dengan menggunakan benda mati lain.



Beberapa netizen juga mencobanya dengan benda lain yakni gelas kopi yang terdeteksi memiliki detak jantung 72 BPM, pisang yakni 77 BPM. Tidak hanya Xiaomi Mi Band, netizen juga menemukan fakta yang sama dengan menggunakan Apple Watch Series 4 dan smartwatch Android lainnya.

Sejauh ini, pihak Apple, Xiaomi, dan merek jam tangan pintar lainnya yang berbasis Android mengklaim bahwa hal tersebut terjadi lantaran cahaya hijau dari sensor di balik jam tangan dipantulkan oleh benda mati yang melekat.

Perlu diketahui bahwa cara kerja cahaya hijau tersebut adalah dengen mendeteksi kecepatan peredaran darah yang menyerah pancaran cahaya dari sensor tersebut, sehingga bisa membaca seberapa cepat detak jantung bekerja.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.