Penyedia Layanan Bitcoin NiceHash Dibobol, Rugi Rp1.000 Triliun

Riandanu Madi Utomo 07 Desember 2017 17:08 WIB
bitcoincyber security
Penyedia Layanan Bitcoin NiceHash Dibobol, Rugi Rp1.000 Triliun
Layanan penambangan bitcoin NiceHash diretas
Jakarta: Penyedia jasa penambangan bitcoin NiceHash baru saja dilaporkan telah diretas.

Menurut PC GAMER, NiceHash mengumumkan hal tersebut setelah melakukan maintenance terhadap layanannya selama 12 jam. Kejadian ini juga membuat seluruh layanan NiceHash ditutup selama 24 jam ke depan untuk dilakukan investigasi.

Menurut laporan terkininya, kejadian ini mengakibatkan NiceHash kehilangan 4700 bitcoin. Jumlah tersebut setara dengan Rp1.097 triliun, mengingat harga satu bitcoin saat ini mencapai Rp234 juta.


NiceHash mengatakan saat ini mereka juga sudah bekerjasama dengan pihak berwenang untuk menangani kasus ini. Sayangnya, hingga saat ini belum pernah ada kasus pencurian bitcoin yang berakhir dengan berita baik.

NiceHash sendiri menyediakan layanan untuk menyewa GPU dan komputer khusus sehingga Anda bisa melakukan aktivitas penambangan tanpa perlu memiliki mesin khusus yang harganya sangat mahal.

NiceHash juga diklaim sebagai salah satu marketplace dan layanan penambangan terbesar di dunia. Jika Anda memiliki akun di NiceHash ada baiknya jika Anda mengganti password setelah layanannya kembali pulih.

Bitcoin memang sedang menjadi incaran hacker saat ini. Nilai tukarnya yang terus meroket menajdi salah satu alasan mengapa cryptocurrency ini sangat banyak diminati dan diburu.

Menjamurnya layanan jual beli dan penambangan bitcoin juga telah menarik hacker untuk mencuri sejumlah bitcoin dari penyedia layanan tersebut.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.