Layanan Ini Kecurian 600 Server Penambang Bitcoin

Ellavie Ichlasa Amalia 04 Maret 2018 11:34 WIB
bitcoin
Layanan Ini Kecurian 600 Server Penambang Bitcoin
Ilustrasi. (AFP PHOTO / JACK GUEZ)
Jakarta: Sebuah grup pencuri asal Islandia telah membawa kabur ratusan server untuk menambang bitcoin.

Para pencuri itu tidak hanya mencuri 600 server untuk menambang bitcoin, tapi juga 600 kartu grafis, 100 prosesor, 100 power supply, 100 motherboard dan 100 pasang memori komputer.

Sebanyak 11 orang dilaporkan telah berhasil ditangkap. Sementara setidaknya dua orang telah ditahan. Namun, para polisi belum bisa menemukan satu pun barang yang dicuri, menurut laporan CNET.


Pencurian ini terjadi antara akhir Desember dan awal Januari. Dilaporkan, kejadian tersebut tertangkap kamera pengawas Advania, perusahan server yang menjadi korban pencurian dua kali dari tiga pencurian.

Advania memang menawarkan para pelanggannya komputer untuk menambang bitcoin. Dan tampaknya, komputer itulah yang tercuri. Menurut Associated Press, jumlah kerugian akibat pencurian perangkat komputer ini mencapai hampir USD2 juta (Rp27,5 miliar).

"Ini adalah pencurian dalam skala besar yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Komisioner Kepolisian, Olafur Helgi Kjartansson. "Semua bukti menunjukkan bahwa ini adalah kejahatan yang terencana."

Polisi kini tengah melacak konsumsi energi di seluruh Islandia dengan harapan para pencuri ini mengaktifkan komputernya, maka akan ada peningkatakan konsumsi listrik di tempat mereka berada. 



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.