Teknologi VR mempertemukan suami dengan istrinya yang baru saja meninggal dunia.
Teknologi VR mempertemukan suami dengan istrinya yang baru saja meninggal dunia.

Teknologi VR Temukan Keluarga yang Telah Meninggal

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 26 Januari 2021 17:00
Jakarta: Kehadiran teknologi memang ditujukan untuk mempermudah kehidupan manusia. Namun, teknologi ternyata juga mampu untuk membantu manusia dalam hal yang belum pernah terjadi sebelumnya.
 
Laki-laki asal Korea Selatan dilaporkan bertemu dengan sang istri yang baru-baru ini meninggal dunia dengan bantuan teknologi Virtual Reality (VR). Berkat teknologi ini, laki-laki tersebut mampu melepas rasa rindu terhadap sang istri. 
 
Melalui teknologi ini, Kim Jung Soo bertemu sekali lagi dengan sang istri dan berbincang. Laki-laki berusia 51 tahun ini menyebut bahwa awalnya ia mengutarakan harapan untuk bertemu kembali dengan sang istri yang sudah meninggal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pusat Desain MBC berupaya untuk menciptakan avatar istri Kim, dengan menciptakan kembali gerakan dan suara serupa sang istri. Guna menghadirkan pengalaman lebih alami, pusat desain ini menggandeng aktor suara dengan tingkat kemiripan dengan suara istri Kim tinggi.
 
Hasil kreasi Pusat Desain MBC ini ditampilkan dalam suguhan pada kacamata VR yang telah dikenakan Kim. Kim yang telah berada di ruangan penuh layar hijau atau green screen mendadak menangis sembari mengenakan kacamata tersebut.
 
Panel layar lain yang menampilkan sudut pandang Kim, menampilkan Kim menggenggam tangan sang istri dan kemudian berdansa mengikuti irama musik. Panel tersebut juga menampilkan bahwa pertemuan keduanya mengambil lokasi di tempat yang diduga sebagai rumah mereka.
 
Video ini menjadi viral di kalangan pengguna media sosial dan telah ditonton dan dibagikam hingga jutaan kali. Pengguna media sosial juga menyampaikan komentar mereka menyoal video tersebut, dan sebagian besar menyampaikan rasa haru mereka.
 
Sebagai pengingat, pada awal kemunculannya, teknologi yang semakin berkemabang ini ditujukan untuk mendukung aktivitas game, meski kini juga telah dapat dimanfaatkan untuk keperluan non game.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif