CEO intel, Pat Gelsinger menyatakan prosesor Intel Meteor Lake akan dimulai pengembangannya pada 2021 dan resmi diluncurkan di 2023. (Intel)
CEO intel, Pat Gelsinger menyatakan prosesor Intel Meteor Lake akan dimulai pengembangannya pada 2021 dan resmi diluncurkan di 2023. (Intel)

Intel Siapkan Prosesor Terbaru di 2023, Fabrikasi 7nm

Teknologi teknologi hardware intel
Cahyandaru Kuncorojati • 24 Maret 2021 15:09
Jakarta: Permasalahan produksi yang membuat Intel masih merilis prosesor generasi terbaru di fabrikasi 14nm tampaknya akan sudah terselesaikan di tahun 2023 dan bisa mengejar kompetitornya, AMD, ke fabrikasi 7nm.
 
Hal ini berdasarkan pengumuman terbaru yang dirilis Intel mengenai nama dari prosesor fabrikasi 7nm pertamanya yang akan hadir di tahun tersebut dengan name Meteor Lake.
 
Dikutip dari WCCF Tech, CEO Intel Patrick Gelsinger menyampaikan rencana ini saat menyampaikan visi misi perusahaan ke depannya. Dia menyebutkan bahwa prosesor generasi terbaru Intel Meteor Lake akan tersedia di tahun 2023 untuk mobile sekaligus desktop.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prosesor Meteor Lake disebut menggunakan model arsitektur x86 terbaru dengan model modular seperti yang akan diterapkan pada prosesor Intel Generasi ke-12 atau Alder Lake yang saat ini informasinya masih sebatas rumor.
 
Di prosesor Intel Alder Lake maupun Meteor Lake akan digunakan arsitektur hybrid core dari Golden Cove yang menyediakan performa tinggi dan Gracemont penghematan konsumsi daya.
 
Belum diketahui teknologi atau fitur baru yang akan dibawa, kemungkinan kita akan melihat implementasi teknologi PCIe Gen 5.0 dan DDR5 untuk motherboard seri high-end.
 
Intel sendiri menyatakan sudah menyiapkan investasi senilai USD20 miliar untuk membangun dua fasilitas pabrik produksi semikonduktor alias foundry. Intel berambisi untuk menjadi penyedia semikonduktor terbesar di Amerika Serikat dan Eropa.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif