Suci Arumsari, President Director & Co Founder Alodokter.
Suci Arumsari, President Director & Co Founder Alodokter.

Alodokter Raih Sertifikasi Keamanan Data ISO 27001

Teknologi teknologi aplikasi startup telemedicine
Cahyandaru Kuncorojati • 28 Januari 2022 12:03
Jakarta: Alodokter resmi raih sertifikasi ISO 27001. Sertifikasi ini merupakan penilaian standar internasional terhadap sistem tata kelola keamanan informasi dan perlindungan data.
 
Sertifikat ini diterbitkan oleh lembaga International Organization for Standardization (ISO) bekerja sama dengan International Electrotechnical Commision (IEC).
 
Melindungi data konsumen merupakan hal yang prioritas dalam menjalan bisnis di era digital ini. Konsumen sudah semakin pintar dan awas dalam memperhatikan bagaimana perusahaan menggunakan data mereka terutama yang diberikan melalui smartphone.
 
Pemerintah juga melihat pentingnya penerapan regulasi keamanan data konsumen terutama perusahaan yang bergerak di bidang layanan kesehatan digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Alodokter, platform kesehatan digital dengan lebih dari 30 juta pengguna aktif setiap bulannya, mengaku berkomitmen untuk memastikan sistem tata kelola keamanan informasi dan perlindungan data konsumen dijalankan dengan standar tinggi dari pemerintah.
 
Alodokter menerapkan berbagai macam kontrol di berbagai aspek, baik teknologi serta tools yang digunakan, diikuti dengan aspek sumber daya manusia.
 
Mengutip data Kemenkes di tengah kondisi pandemi, rata-rata konsultasi Covid-19 harian di layanan telemedisin mencapai 13.570 konsultasi, sedangkan konsultasi non Covid-19 mencapai 131.612 konsultasi per harinya.
 
Angka ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap telemedisin semakin meningkat drastis namun harus diimbangi dengan keamanan data masyarakat terlebih berkaitan dengan data pribadi dan rekam jejak medis.
 
Kebocoran data merupakan hal yang paling ditakutkan oleh perusahaan berbasis digital dan internet dan sudah sering masyarakat mendengar kasus kebocoran data dari perusahaan-perusahan prestisius.
 
“Dengan predikat certified ISO 27001 membuktikan komitmen untuk terus menjaga keamanan dari produk dan layanan Alodokter. Langkah ini juga guna mendukung usaha pemerintah dalam memastikan privasi masyarakat tetap terjamin, terlebih untuk data sensitif seperti rekam jejak medis,” ujar Suci Arumsari, President Director & Co Founder Alodokter.
 
“Saya berharap platform telemedicine lain juga melakukan hal yang sama sebagai bagian menyediakan best services kepada customer,” kata Setiaji, Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
 
Alodokter mengklaim terus berkembang menjadi sebuah ekosistem digital layanan kesehatan untuk pasien maupun dokter. Pasien bisa mendapatkan pengalaman pelayanan kesehatan lengkap, telekonsultasi dan diagnosis jarak jauh, janji temu medis, serta tebus resep.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif