Instagram memperpanjang durasi fitur Live dari satu jam menjadi empat jam.
Instagram memperpanjang durasi fitur Live dari satu jam menjadi empat jam.

Instagram Perpanjang Batas Waktu Live hingga 4 Jam

Teknologi teknologi instagram
Lufthi Anggraeni • 30 Oktober 2020 17:35
Jakarta: Instagram beradaptasi dengan cara kreator menggunakan layanannya selama pandemik Covid-19. Dengan individual dan bisnis yang kini terbatas dalam menyelenggarakan acara secara langsung, pengguna beralih Instagram untuk melakukan siaran langsung.
 
Mengutip Techcrunch, Instagram menyebut bahwa pihaknya memperluas batas waktu untuk siaran tersebut secara signifikan, dari satu jam menjadi empat jam, untuk pengguna di seluruh dunia.
 
Instagram menjelaskan bahwa perubahan ini ditujukan untuk membantu pihak yang mengandalkan penyelenggaraan acara secara virtual, seperti instruktur yoga dan fitness, guru, musisi, dan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama regulasi pembatasan sosial berskala besar diterapkan pemerintah Amerika Serikat, Instagram mengklaim fitur Live telah menjadi medium masyarakat berkumpul seperti saat DJ menyelenggarakan acara, musisi memainkan musik untuk penggemar, penyuka olahraga mengikuti kelas langsung dan lainnya.
 
Penggunaan fitur Live mengalami peningkatan sebesar 70 persen jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemik Covid-19 di wilayah Amerika Serikat, karena semakin banyak orang terhubung secara online. Sejumlah kreator Instagram Live ini ingin menambahkan sesi mereka lebih dari 60 menit tanpa gangguan.
 
Perubahan ini menjadikan Instagram setara dengan batas waktu yang ditawarkan Facebook untuk fitur siaran langsung dari perangkat mobile, yaitu juga selama empat jam. Namun pada fitur siaran langsung via desktop atau API, Facebook menerapkan batasan waktu selama delapan jam.
 
Dengan batas waktu lebih lama yang dapat dimanfaatkan kreator di seluruh dunia, Instagram menyebut bahwa akun kreator harus memiliki riwayat yang bersih dari pelanggaran hak kekayaan intelektual atau kebijakan lain, guna memanfaatkan keuntungan terbaru tersebut.
 
Terkait dengan perubahan ini, Instagram juga akan menggulirkan update pada bagian Live Now di IGTV dan di akhir siaran langsung untuk membantu mengarahkan pengguna ke lebih banyak konten siaran langsung. Instagram juga memperkenalkan fitur lain yang belum digulirkannya secara resmi.
 
Instagram menyebut bahwa pihaknya akan segera menambahkan opsi yang memungkinkan kreator untuk mengarsipkan siaran langsung mereka hingga 30 hari. Sebelumnya, pengguna dapat mengarsipkan unggahan Feed atau Stories ke arsip privat, namun satu-satunya cara untuk menyimpan siaran langsung adalah dengan dirilis ke IGTV segera setelah siaran selesai.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif