MIcrosoft peringatkan pelanggan Azure akan bahaya worm Linux. (AFP / VESA MOILANEN (STR))
MIcrosoft peringatkan pelanggan Azure akan bahaya worm Linux. (AFP / VESA MOILANEN (STR))

Microsoft Azure Terancam Worm Linux

Teknologi microsoft cyber security
Ellavie Ichlasa Amalia • 17 Juni 2019 11:29
Jakarta:Microsoft memeringatkan pelanggan Azure pada hari Jumat tentang worm Linux yang menyebar melalui server Exim, yang juga memengaruhi sebagian server Azure.
 
Keberadaan worm ini pertama kali dilaporkan oleh ZDNet pada awal minggu lalu. Worm tersebut menginfeksi server email Exim menggunakan kelemahan CVE-2019-10149, celah keamanan yang memungkinkan penyerang untuk mengeksekusi perintah dari jauh dan mengambil alih sistem yang tak terlindungi.
 
Worm itu memanfaatkan celah keamanan tersebut untuk mengambil alih kendali atas server. Setelah itu, ia akan memindai internet untuk mencari server lain dan berusaha menginfeksi server-server tersebut. Kemudian, ia akan memasang kode untuk menambang cryptocurrency pada host yang terinfeksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada hari Jumat, Microsoft berkata, infrastruktur Azure mereka juga terkena serangan worm ini. Kabar baiknya, Miccrosoft mengatakan, mereka memiliki sistem untuk membatasi penyebaran dari worm tersebut.
 
Meskipun begitu, perusahaan tetap memeringatkan para pengguna bahwa worm ini tetap berbahaya.
 
Worm tersebut mungkin tidak bisa menyebarkan diri dengan memindai internet dan menduplikasi diri, tapi sistem Azure yang terinfeksi tetap berada dalam keadaan rentan dan terinfeksi oleh kode penambang cryptocurrency.
 
Kode penambang ini akan menyebabkan sistem yang terinfeksi menjadi bekerja tidak optimal dan lebih lambat. Selain itu, hacker juga akan bisa mengirimkan sistem yang telah terinfeksi malware di masa depan menggunakan Exim.
 
Microsoft mendorong para konsumennya untuk memperbarui versi Exim yang berjalan di atas server Azure menjadi Exim 4.92, yang merupakan versi yang telah ditambal. Exim versi 4.87 sampai 4.91 masih rentan terhadap worm ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif