WhatsApp dilaporkan tengah berupaya meningkatkan jumlah partisipan di video dan audio call grup.
WhatsApp dilaporkan tengah berupaya meningkatkan jumlah partisipan di video dan audio call grup.

WhatsApp Kembangkan Kemampuan Video Call Lebih dari 4 Partisipan

Teknologi media sosial teknologi whatsapp
Lufthi Anggraeni • 20 April 2020 09:25
Jakarta: Dengan pandemi yang memaksa masyarakat untuk berdiam diri di rumah, panggilan video dan audio grup menjadi salah satu fitur yang paling banyak dimanfaatkan. Aplikasi seperti Google Duo telah meningkatkan jumlah maksimal partisipan video call hingga 50 persen.
 
Kini, WhatsApp dilaporkan tengah mengupayakan hal serupa, sebab GSM Arena melaporkan temuan rangkaian kode dalam versi beta terbaru WhatsApp. Versi beta ini mengungkap bahwa layanan ini tengah bersiap untuk meningkatkan jumlah partisipan panggilan audio atau video grup.
 
Saat ini, panggilan audio dan video WhatsApp hanya dapat melayani sebanyak empat partisipan, lebih sedikit jika dibandingkan dengan penawaran kompetitornya. Dengan demikian, langkah yang diputuskan WhatsApp disebut merupakan tindakan yang masuk akal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Langkah WhatsApp ini diperkirakan mengharuskan seluruh pihak yang terlibat untuk mengguna versi terbaru dari WhatsApp, sehingga kemampuan berkomunikasi via panggilan audio atau video lebih dengan jumlah partisipan dari empat ini dapat dinikmati.
 
Sayangnya, belum tersedia informasi terkait jumlah maksimal dari partisipan panggilan via platformnya yang dipersiapkan WhatsApp. Sebelumnya, WhatsApp ikut mengambil kebijakan baru di tengah pandemi COVID-19 atau virus Korona.
 
Aplikasi messaging terpopuler ini memutuskan untuk ikut menekan hoaks terkait pandemi tersebut. WhatsApp menyadari bahwa di tengah pandemi saat ini layanan mereka tetap dimanfaatkan sebagai media penyebaran hoaks oleh pihak tidak bertanggung jawab.
 
Salah satunya adalah penyebaran hoaks dalam bentuk pesan berantai. Via halaman blog resminya, WhatsApp mengumumkan peningkatan peraturan di dalam layanan terkait fitur meneruskan pesan. WhatsApp akan membatasi bahwa setiap pesan hanya bisa diteruskan atau forwarding hanya kepada satu kontak atau pengguna lain untuk satu kali.
 
Sementara itu, WhatsApp mengumumkan bahwa platformnya menyediakan hub informasi, hasil kerja sama dengan WHO, UNICEF, dan UNDP. Platform ini menawarkan panduan, informasi umum dan tips untuk memerangi penyebaran dari misinformasi, yang memicu panik akibat situasi saat ini.
 
Platform ini juga akan menyediakan hotline yang memungkinkan masyarakat untuk mengirimkan pesan dan mendapatkan panduan. Selain itu, WhatsApp juga menyebut akan mendonasikan sebanyak USD1 juta (Rp15,5 miliar) ke Poynter Institute International Fact-Checking Network (IFCN).
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif