Asisten digital Huawei, Hey Celia.
Asisten digital Huawei, Hey Celia.

Celia, Asisten Digital Huawei Alternatif Google Assistant

Teknologi teknologi gadget huawei kecerdasan buatan
Cahyandaru Kuncorojati • 27 Maret 2020 11:25
Jakarta: Huawei konsisten bisa mandiri tanpa dukungan Google. Di perkenalan tiga perangkat terbaru Huawei P40 Series mereka juga mengumumkan asisten digital terbaru bernama Celia.
 
Celia akan menggantikan asisten digital berbasis perintah suara Google Assistant dan menjadi kompetitor Siri buatan Apple di iPhone. Celia mulai hadir di Huawei P40 Series meskipun sudah diperkenalkan sejak tahun lalu tapi dalam versi Tiongkok bernama Xiaoyi.
 
Dijelaskan bahwa Celia akan bisa mengenali perintah suara Bahasa Inggris, Prancis, dan Spanyol. Teknologi Celia juga akan terintegrasi ke fitur Huawei AI Lens yang ada di kamera. Jadi asisten digital ini bisa mengenali objek dan memberikan informasi atau jawaban dari pertayanyaan Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya, pengguna mengajukan pertanyaan mengenai kalori dari sebuah makanan di piring yang tertangkap kamera di fitur Huawei AI Lens. Celia bisa mengenali tiap makanan yang disajikan dan memberikan informasi kalorinya.
 
Kemampuan lain dari Celia masih serupa dengan asisten digital lain. Pengguna bisa mengakses Celia lewat perintah suara seperti "Hey Celia" atau dengan mengaktifkan mikrofon dengan menekan tombol Power selama satu detik.
 
Mungkin fitur terbaik dari Celia adalah dukungan menerjemahkan bahasa secara real-time. Fitur yang disebeut Face to Face Translate akan langsung menerjemahkan bahasa yang dia dengar ke bahasa yang ingin dimengerti oleh penggunanya dan disajikan ke layar smartphone Huawei.
 
Celia bakal hadi di smartphone Huawei P40 Series pada 7 April 2020. Bersama dengan itu, Huawei juga akan membagikan update OTA berisi fitur Celia dalam EMUI 10.1. Huawei juga berencana membawa Celia ke perangkat lain Huawei termasuk produk pintar lain seperti televisi, laptop, dan speaker pintar.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif