Berbagai layanan Facebook tak bisa diakses. ( AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / JUSTIN SULLIVAN)
Berbagai layanan Facebook tak bisa diakses. ( AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / JUSTIN SULLIVAN)

Facebook, Instagram, dan WhatsApp tak Bisa Dibuka, Kenapa?

Teknologi media sosial facebook instagram whatsapp
Ellavie Ichlasa Amalia • 14 Maret 2019 10:39
Jakarta:Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak bisa diakses.
 
Para pengguna yang frustasi menceritakan masalah ini di Twitter. Masalah ini memengaruhi para pengguna layanan Facebook di berbagai kawasan, seperti Amerika Serikat, Amerika Selatan dan Tengah, Eropa, serta Asia, menurut situs DownDetector.com.
 
"Kami sadar bahwa sebagian pengguna mengalami masalah untuk mengakses aplikasi-aplikasi Facebook. Kami tengah mencoba menyelesaikan masalah ini secepat mungkin," kata Facebook melalui Twitter, seperti yang dikutip dari CNN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak lama setelah para pengguna mengalami masalah, muncul spekulasi bahwa hal ini disebabkan oleh serangan Distributed Denial of Service (DDoS). Namun, dalam sebuah kicauan lain, Facebook mengatakan bahwa masalah ini tidak disebabkan oleh serangan DDoS.
 
Lebih dari satu perusahaan keamanan siber menduga bahwa masalah Facebook disebabkan oleh Border Gateway Protocol (BGP) routing leak.
 
TechCrunch menjelaskan, BGP bertugas memilih rute trafik internet. BGP sangat tergantung pada kepercayaan antara operator jaringan untuk tidak mengirimkan data yang benar dan tidak mengandung malware. Namun, terkadang, kesalahan tetap terjadi.
 
Ketika data bermasalah dikirimkan, ada kemungkinan terjadi "route leak" yang memunculkan kebingungan kemana trafik harus dikirimkan. Dan hal ini bisa menciptakan masalah pada layanan internet. Mungkin inilah yang terjadi pada Facebook.
 
Pada saat yang sama, ada pihak yang percaya bahwa BGP route leak bukanlah penyebab masalah pada Facebook. Tulane University adjunct faculty member, Tom Thomas mengatakan bahwa route leak memang bisa menyebabkan masalah pada layanan internet.
 
"Namun, BGP biasanya adalah protokol statis, yang berarti setelah ia diatur, ia jarang diubah. Kemungkinan, penyebab masalah ini adalah kesalahan dalam pemprograman otomatisasi dan pada berbagai pemeriksaan kesehatan layanan yang Facebook lakukan untuk memastikan bahwa layanan mereka berfungsi dengan maksimal," kata Thomas.
 
"Saya menduga, penyebab masalah ini adalah kesalahan di kode yang mengendalikan fungsi penting dari segi bisnis. Mengingat masalah ini memengaruhi berbagai layanan Facebook, kemungkinan, mereka mencoba untuk membuat kode yang efisien dan usaha mereka untuk menyatukan kode mereka ini justru menjadi penyebab masalah."
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi