CEO Apple, Tim Cook.
CEO Apple, Tim Cook.

Bos Apple: Regulasi Industri Teknologi tak Terhindarkan

Teknologi apple
Ellavie Ichlasa Amalia • 20 November 2018 10:44
Jakarta:Selama ini, perusahaan Silicon Valley memiliki kebebasan untuk bergerak cepat dan menimbulkan disrupsi. Namun, era itu mungkin akan berakhir sebentar lagi. Menurut CEO Apple Tim Cook, regulasi akan industri teknologi "tidak lagi terhindarkan."
 
Dalam wawancara dengan Axios, Cook memberikan peringatan para para perusahaan teknologi. "Secara umum, saya tidak suka dengan regulasi," kata Cook, seperti yang dikutip dari CNET.
 
"Saya percaya dengan sistem pasar bebas. Namun, kita harus mengakui bahwa mekanisme itu tidak bekerja dengan baik. Saya pikir, regulasi adalah sesuatu yang tidak terhindarkan."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perusahaan teknologi seperti Apple, Facebook, dan Google kini telah menjadi semakin besar. Begitu pula dengan peran mereka dalam masyarakat.
 
Perusahaan-perusahaan itu membuat perangkat dan layanan yang digunakan oleh masyarakat setiap hari dan mengubah cara orang mengakses berita.
 
Para perusahaan teknologi telah berhadapan dengan berbagai badan pemerintah. Misalnya, Apple harus bertarung dengan FBI terkait privasi karena adanya ancaman terorisme.
 
Sementara Google harus menjawab pertanyaan terkait hasil pencarian mereka yang telah disensor. Sejak Maret, Cook mengatakan bahwa industri teknologi memerlukan regulasi.
 
Terkait masalah privasi, Cook menganggap masyarakat seharusnya tidak melihat masalah itu sebagai "privasi melawan keuntungan atau privasi melawan inovasi teknologi.
 
Itu adalah pilihan yang salah. Apa yang telah kami lakukan membuat perangkat Anda memiliki informasi terkait diri Anda tapi sebagai perusahana, saya tidak perlu memiliki itu semua."
 
Tentang kecanduan smartphone, Cook mengakui bahwa dia masih menggunakan smartphone miliknya "selama beberapa jam" per hari. Namun, dia merasa, seiring dengan waktu berlalu, waktu yang dia habiskan dengan smartphone semakin berkurang.
 
"Teknologi tidak baik atau jahat, tergantung pada sang pembuat," kata Cook. "Sering kali, bukan para kreator yang membuat sesuatu yang jahat. Hanya saja, mereka tidak mengantisipasi penyalahgunaan dari ciptaannya."
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif