YouTube tengah mempertimbangkan langkah untuk menghentikan gerakan tidak suka pada video di platformnya.
YouTube tengah mempertimbangkan langkah untuk menghentikan gerakan tidak suka pada video di platformnya.

YouTube Pertimbangkan Hapus Tombol Dislike

Teknologi youtube
Lufthi Anggraeni • 06 Februari 2019 15:43
Jakarta: YouTube dilaporkan tengah mengkhawatirkan masalah tombol tidak suka pada aplikasinya. Tombol ini diwakili oleh ikon ibu jari ke arah bawah, terletak di bawah judul video.
 
Direktur Management Proyek YouTube Tom Leung mengunggah video pada pekan lalu, mengungkap bahwa mereka berupaya menghentikan ‘gerakan tidak suka’ agar tidak berpengaruh negatif terhadap video yang terdampak.
 
Grup mendorong gerakan ini menyampaikan ketidaksukaannya pada video dalam jumlah besar, dinilai cukup mampu mengurangi jumlah rekomendasi yang mereka terima. Hal tersebut berakibat pada pengurangan jumlah tonton untuk video, dibandingkan jika video penonton tidak menekan ikon ibu jari ke bawah ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Phone Arena melaporkan bahwa gerakan tidak suka ini umumnya diberikan oleh penonton berdasarkan alasan yang tidak terkait dengan konten video. Penggerak tersebut diperkirakan menekan ikon ibu jari ke bawah akibat tidak menyukai kreator video, baik individu maupun perusahaan.
 
Alasan lain yang melandasi penekanan ikon ini disebut karena pelaku menginginkan ulasan positif dari game atau ponsel yang disuguhkan oleh kreator diabaikan oleh penonton YouTube. Saat ini, kreator video dapat mengakses menu Preferences dan menonaktifkan fitur rating itu.
 
Leung mengungkap bahwa YouTube tengah mendiskusikan pengembangan opsi lainnya. Sejumlah opsi yang dipertimbangkan disebut mengharuskan seseorang yang memilih rating tidak suka pada video memberikan alasan di balik keputusan dan tindakannya tersebut.
 
Tim YouTube juga dilaporkan tengah mendiskusikan peluang untuk menghapus tombol ibu jari ke arah bawah ini sepenuhnya. Leung menyebut hal ini mungkin tidak demokratis, karena tidak semua tidak suka yang disampaikan penonton berasal dari anggota grup penggerak tersebut.
 
Ide lain yang disampaikan Leung yaitu dengan memaksa pengguna YouTube menonton setidaknya 25 persen dari konten video, sebelum opsi ikon ibu jari ke arah bawah tersedia dan dapat diketuk.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif