Google tertarik untuk meluncurkan ponsel kelas menengah. (Wikimedia Commons)
Google tertarik untuk meluncurkan ponsel kelas menengah. (Wikimedia Commons)

Ini Alasan Google Buat Pixel Berharga Terjangkau

Teknologi google google pixel
Ellavie Ichlasa Amalia • 30 April 2019 16:19
Jakarta:Google dikabarkan akan meluncurkan smartphone Pixel di kelas menengah, Pixel 3a dan 3a XL. Alasannya adalah karena kompetisi di lini premiumm terlalu ketat.
 
Bulan depan, pada hari pertama dari konferensi developer I/O, Google diperkirakan akan memperkenalkan Pixel 3a dan 3a XL, yang masuk ke kelas menengah.
 
Kepada wartawan, Ruth Porat, Chief Financial Officer perusahaan induk Google, Alphabet mengatakan bahwa tingginya ekspektasi pada ponsel high-end membuat angka penjualan Pixel pada kuartal lalu turun jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara spesifik, Porat mengatakan akan adanya "tekanan baru" di pasar smartphone premium, menurut laporan The Verge.
 
Porat tidak menyebutkan tekanan apa yanng dia maksud. Kemungkinan, dia membahas tentang kerasnya persaingan di pasar smartphone premium karena adanya Apple dan Samsung.
 
Masalah lain yang ada juga mahalnya harga smartphone membuat pengguna ponsel menggunakan smartphone mereka lebih lama. Konsumen tidak lagi mengganti ponselnya setiap tahun sekali, seperti selama ini terjadi.
 
Sementara itu, CEO Google, Sundar Pichai ditanyai tentang apakah investor harus mulai khawatir karena usaha Google untuk mulai membuat hardware sendiri tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada pendapatan perusahaan secara keseluruhan.
 
Sekarang, pendapatan utama Google dari iklan, juga tengah mengalami penurunan. Salah satu analis mempertanyakan apakah keputusan Google untuk membuat smartphone Pixel akan berujung dengan kegagalan, sama seperti bisnis smartphone Microsoft.
 
Google tidak membahas tentang pendapatan yang mereka dapatkan dari produk hardware pada laporan keuangan per kuartal mereka.
 
Namun, segmen itu tetap mengalami kenaikan, mencapai hampir USD5,5 miliar pada kuartal lalu, walau penjualan Pixel yang tidak terlalu baik. Ada kemungkinan, pendapatan divisi hardware Google naik berkat laptop, Chromecast, Google Home speaker, dan produk lainnya yang Google buat.
 
Pixel 3, yang diluncurkan dengan harga yang lebih murah dari flagship Apple dan Samsung, dihargai mulai dari USD799. Varian termahalnya dijual seharga USD999. Sayangnya, lini Pixel tidak pernah masuk ke Indonesia.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif